Bayar Sewa, PBB Cek Peralatan TNI

Bayar Sewa, PBB Cek Peralatan TNI
Bayar Sewa, PBB Cek Peralatan TNI
JAKARTA – Pasukan Garuda XXVI-A yang baru sampai di Naqoura, Lebanon, langsung diinspeksi UNIFIL PBB. Itu disebabkan PBB membayar sewa semua peralatan TNI selama bertugas di negeri asal penyair Kahlil Gibran itu. PBB tidak ingin kondisi alat yang dibayar dengan standar dolar Amerika tersebut tidak ideal.

Perwira Penerangan Kontingen XXVI-A Kapten Hondor Saragih menjelaskan, tim Contingent Owned Equipment (COE) dari UNIFIL mendatangi Sudirman Camp, Lebanon. Tim itu berjumlah sembilan orang yang dipimpin Nikolay Voynov, pria berkewarganegaraan Bulgaria yang pernah bertugas di Jakarta selama tiga tahun.

”Mereka meminta seluruh peralatan dan perlengkapan yang akan diperiksa supaya digelar. Mulai kendaraan angkut, kesehatan, persenjataan, perbekalan, dapur, engineering, perbengkelan, alat komunikasi, hingga kendaraan tempur,” ujar Hondor dalam keterangannya via surat elektronik kepada koran ini, Senin (15/12).

Kegiatan COE yang baru kali pertama bagi Kontingen Garuda XXVI-A yang terdiri atas satgas Force Head Quarters Support Unit (FHQSU) dan Force Protection Company itu dilakukan dengan teliti dan ketat. ”Memang sangat terkait dengan penggantian sewa atau reimbursement dari PBB. Jadi, harus benar-benar memenuhi standar sesuai MoU,” kata Hondor.

JAKARTA – Pasukan Garuda XXVI-A yang baru sampai di Naqoura, Lebanon, langsung diinspeksi UNIFIL PBB. Itu disebabkan PBB membayar sewa semua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News