Bayi Pangeran William Urutan ke-5 Penerus Takhta Inggris

Bayi Pangeran William Urutan ke-5 Penerus Takhta Inggris
Pangeran William dan Kate Middleton dikaruniai bayi laki-laki. (dailymail)

jpnn.com, LONDON - Putri Charlotte resmi menjadi kakak. Kemarin, Senin (23/4) Duchess of Cambridge alias Kate Middleton melahirkan anak ketiga. Bayi laki-laki itu lahir pukul 10.01 waktu setempat dengan berat 3,8 kilogram.

Kelahiran putra bungsu Duke of Cambridge alias Pangeran William itu langsung menggeser antrean Pangeran Harry dari daftar penerus takhta Kerajaan Inggris. Kini, si bayi berada di urutan ke-5 dan Harry ke-6.

”Ratu (Elizabeth II), Duke of Edinburgh (Pangeran Philip), Prince of Wales (Pangeran Charles), Duchess of Cornwall (Camilla), Pangeran Harry, dan seluruh anggota dua keluarga telah mendengar kabar baik itu dan mereka sangat bahagia.” Demikian bunyi keterangan resmi Kensington Palace sebagaimana dikutip Reuters. Di sana juga disebutkan bahwa Kate dan bayi lelakinya sehat.

Adik Charlotte itu merupakan buyut keenam Elizabeth yang genap berusia 92 tahun Sabtu lalu (21/4). Sesuai aturan baru suksesi monarki yang berlaku sejak 2013, bayi lelaki tersebut tidak akan menggeser posisi Charlotte dalam urutan penerus takhta. Kendati laki-laki, bayi tersebut tetap berada di antrean setelah Charlotte.

Sebelum 2013, penerus takhta laki-laki berhak menempati urutan di depan penerus takhta perempuan. Tapi, kini laki-laki dan perempuan punya hak yang sama.

”Itu akan menjadi yang pertama. (Antrean laki-laki di belakang perempuan) Tidak pernah terjadi sebelumnya,” kata Hugo Vickers, sejarawan kerajaan. (hep/c17/dos)


Kelahiran putra bungsu Duke of Cambridge alias Pangeran William itu langsung menggeser antrean Pangeran Harry dari daftar penerus takhta Kerajaan Inggris


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News