Bayi Tiga Bulan Dijual Orangtua Seharga Sebegini

Bayi Tiga Bulan Dijual Orangtua Seharga Sebegini
Ilustrasi pixabay.com

jpnn.com - PEKANBARU - Seorang bayi berusia tiga bulan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, dijual orangtuanya senilai Rp 4 juta. Dugaan sementara motifnya adalah ekonomi. Orangtua tak sanggup membiayai, mulai dari persalinan hingga perawatan.

Informasi berasal dari warga Desa Muara Dilam, Kecamatan Kunto Darussalam bernama H Halawa. “Anak ini dijual bapak kandungnya kepada salah seorang warga Desa Pasir Indah. Selanjutnya bayi itu dibawa ke Medan,” kata H Halawa, seperti dikutip dari Pekanbaru MX (Jawa Pos Group), Selasa (12/7).
 
Kabar yang didapat H Halawa, bayi itu dibeli sekitar Rp 4 juta. “Pembelinya mengakui hal itu,” ujarnya.
 
Terkait dugaan perdagangan manusia ini, H Halawa meminta pihak kepolisian segera mengusut tuntas. “Tolonglah kami Pak Kapolres. Kalau polisi datang ke sini, nanti biar saya yang menunjukan rumahnya. Kita khawatir ini terulang lagi,” ungkapnya.
 
H Halawa tak mau menerangkan secara gamblang orangtua yang tega menjual bayinya itu. “Kita sengaja rahasiakan itu dulu, menunggu adanya tindakan dari pihak kepolisian,” tutupnya.
 
Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono SIK MHum melalui Kapolsek Kunto Darussalam AKP Yulihasman mengaku berterima kasih kepada masyarakat yang telah mau bekerja sama dalam memberikan informasi. “Kita sudah terima informasi itu, namun sejauh ini belum ada laporan resmi,” kata Yulihasman.
 
Berdasarkan informasi yang didapat, lanjut Yulihasman, bayi itu sebenarnya bukan dijual, namun pengalihan pengasuh. Artinya, orangtua si bayi tidak sanggup membiayai persalinan hingga perawatan si bayi ke depannya.
 
“Keluarga si bayi ini tak mampu. Jadi mereka memindahkan hak asuh kepada salah seorang warga asal Medan yang tinggal di Kunto Darussalam,” sambungnya.
 
Yulihasman menambahkan bahwa mereka sudah berkoordinasi dengan Polres Rohul. Dia meminta masyarakat melaporkannya secara resmi kepada pihak kepolisian.(pmx/ray/jpnn)


PEKANBARU - Seorang bayi berusia tiga bulan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, dijual orangtuanya senilai Rp 4 juta. Dugaan sementara motifnya adalah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News