BBC dan CBS Digugat Fotografer Peraih Oscar

BBC dan CBS Digugat Fotografer Peraih Oscar
Louie Psihoyos. Foto : Psihoyos.Com
LOS ANGELES - Fotografer peraih Oscar karena menyutradarai film dokumenter tentang lumba-lumba "The Cove", Louie Psihoyos, menuntut stasiun televisi BBC dan CBS atas dugaan penyalahgunaan foto yang dibuatnya pada tahun 1994 untuk majalah National Geographic. Foto itu menggambarkan sebuah tumpukan besar layar televisi aktif mengelilingi seseorang yang duduk di cekungan ruang yang gelap.

Seperti dikutip dari Hollywood Reporter, kemarin, berdasarkan laporan yang diterima Pengadilan Distrik New York, Senin (2/8) lalu, Psihoyos menegaskan bahwa foto itu dibuat selama satu bulan dan menelan biaya sebanyak $ 100.000.

Menurutnya, foto tersebut telah dilisensikan "ribuan kali" kepada Microsoft, IBM, Lucent, Sony, majalah Time, buku teks, pamflet dan Apple. Sementara Apple sendiri bersedia melisensi foto itu setelah dituntut oleh Psihoyos melalui sebuah aplikasi iPhone.

Namun Psihoyos mengambil pengecualian untuk sebuah artikel yang muncul di situs berita BBC berjudul ""Masa Depan adalah Bentuk TV," kata Intel," pada September tahun lalu. Artikel itu juga disertai foto terkenal Psihoyos.

LOS ANGELES - Fotografer peraih Oscar karena menyutradarai film dokumenter tentang lumba-lumba "The Cove", Louie Psihoyos, menuntut stasiun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News