BBM dan Sembako Ditimbun

BBM dan Sembako Ditimbun
BBM dan Sembako Ditimbun
BALIKPAPAN- Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam waktu dekat,  tidak hanya berdampak terhadap tarif angkutan kota (angkot). Lebih dari itu, kendati BBM belum ditetapkan secara resmi ternyata juga mulai menimbulkan dampak begitu besar terhadap sejumlah harga barang.

Melihat kondisi ini, warga khawatir terhadap kemungkinan adanya spekulan sembako jelang kenaikan BMM tersebut. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada oknum distributor yang berupaya melakukan penimbunan sembako dalam posisi harga normal. Kemudian menjualnya kembali pasca kenaikan BBM, sehingga harga pun melambung naik hingga lebih dari dua kali lipat.

“Kita sih lihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya saat ada rencana kenaikan BBM, pasti ada saja pihak tertentu yang memanfaatkan momentum itu untuk mencari keuntungan berlipat. Tapi kan ujung-ujungnya masyarakat juga yang kasihan,” kata Budy, warga Batu Ampar Lestari.

Kekhawatiran tersebut juga mulai dirasakan beberapa pedagang di sejumlah pasar tradisional. Ramdani, salah satu pedagang sembako di Pasar Klandasan, mengatakan  pengiriman sembako mulai tidak lancar dalam beberapa hari terakhir.  “Menurut distributor  gara-gara cuaca buruk sehingga pengirimannya sering terlambat. Tapi kami takut ini merupakan akal-akalan saja, agar harganya sembako bisa dinaikan saat BBM juga naik,” ujar Ramdani kepada Balikpapan Pos, Selasa (13/3) kemarin.

BALIKPAPAN- Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam waktu dekat,  tidak hanya berdampak terhadap tarif angkutan kota (angkot). Lebih dari itu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News