BBM Indonesia Termurah Se-Asean

BBM Indonesia Termurah Se-Asean
BBM Indonesia Termurah Se-Asean
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menilai lambatnya pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) karena harga energi fosil itu masih sangat murah. Harga BBM (bahan bakar minyak) di Indonesia diklaim termurah se Asia Tenggara sehingga harus dinaikkan. "Itu yang harus kita cari solusinya bersama dengan pikiran yang jernih," ujar Jero Wacik kemarin.

Menurutnya, hal itu sulit dipecahkan, karena untuk menaikkan harga BBM bersubsidi membutuhkan proses yang rumit dan sensitif. Kebijakan itu juga butuh konsensus politik.

Di antaranya negara-negara ASEAN, harga BBM di Indonesia, baik itu premium, solar, maupun minyak tanah adalah yang paling murah. Hal itu diketahuinya dalam pertemuan The 30th SOME (Senior Officials Meeting on Energy)"and it"s Associated Meetings"yang membahas berbagai isu dan kerjasama energi di kawasan ASEAN yang berakhir Minggu (16/9).

"Data harga BBM berbagai negara ASEAN ini akan dijadikan referensi dalam pembahasan dengan DPR," imbuh Jero Wacik. (lihat garfis)

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menilai lambatnya pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) karena harga energi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News