BBM Naik: Pertamax Rp 9.500, Begini Penjelasan Pertamina

BBM Naik: Pertamax Rp 9.500, Begini Penjelasan Pertamina
Harga BBM naik per 1 Juli 2018. Foto: Dimas Prabowo/Radar Banyumas/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Harga BBM naik, khususnya Pertamax Series dan Dex Series mulai berlaku di SPBU seluruh Indonesia sejak 1 Juli 2018.

Harga BBM Pertamax naik Rp 600 per liter dari Rp 8.900 per liter menjadi Rp 9.500 per liter. Sementara harga Dexlite naik dari Rp 8.100 menjadi Rp 9.000 per liter. Kenaikan harga Pertamax menjadi yang paling signifikan sepanjang Pertamina melakukan penyesuaian harga sejak Januari 2018.

”Ada penyesuaian harga karena kenaikan harga minyak mentah dunia,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, saat dihubungi, Minggu (1/7). Adiatma menjelaskan harga minyak mentah dunia terus merangkak naik dimana saat ini harga minyak dunia rata-rata mencapai 75 dolar per barel.

Kenaikan harga minyak mentah dunia tersebut pun lantas mengerek harga BBM di Indonesia karena bahan baku BBM adalah minyak mentah. ”Dan patut diketahui saat ini Indonesia merupakan negara pengimpor minyak karena tidak seimbangnya antara supply dan demand, serta kecenderungan permintaan meningkat karena pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Adiatma menambahkan penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex tersebut, dilakukan Pertamina sebagai badan usaha, dengan mengacu pada Permen ESDM No. 34 tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

Pertamina pun menetapkan harga Pertamax untuk wilayah DKI Jakarta Rp 9.500/liter, sementara Pertamax Turbo Rp 10.700/ liter. Sedangkan untuk Dex Series, ditetapkan harga Pertamina Dex Rp 10.500/liter, dan Dexlite Rp 9.000/liter.

Harga yang sama juga berlaku di seluruh wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Sementara itu harga Pertamax di wilayah Indonesia Timur seperti di Maluku dan Papua mengalami penurunan menjadi Rp. 9.700/liter. (agf)

 


Harga BBM naik secara signifikan, Pertamax naik Rp 600 per liter, Dexlite menjadi Rp 9.000 per liter, berlaku per 1 Juli 2018.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News