BBM untuk Motor Tetap Disubsidi

BBM untuk Motor Tetap Disubsidi
BBM untuk Motor Tetap Disubsidi
JAKARTA- Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh menegaskan bahwa pemerintah tetap akan memberikan subsidi kepada pengguna kendaraan roda dua dan tak ada rencana pembatasan dalam penggunaan BBM. Menurut Darwin Zahedy, pemerintah pada dasarnya tidak ada rencana untuk membatasi volume subsidi public service obligation (PSO) untuk kendaraan roda dua. Pernyataan ini disampaikan Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh untuk mengklarifikasi beredarnya isu pembatasan BBM bagi masyarakat.

Menurutnya,  sesuai dengan prinsip pengaturan subsidi BBM, pemerintah berkomitmen untuk tetap memberikan prioritas kepada golongan masyarakat tidak mampu. Meski begitu, pemerintah akan mengkomunikasikan dengan DPR RI untuk mencari cara yang paling efektif menyangkut pemberian BBM PSO. "Karena pengguna kendaraan roda dua itu jumlahnya cukup banyak, maka konsekuensinya adalah banyaknya penggunaan BBM bersubsidi. Tapi sedapat mungkin itu tak disentuh,” kata Darwin Zahedy Saleh saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI, di Jakarta, Senin (7/6).

Sementara itu Dirjen Migas Evita Legowo, menambahkan munculnya isu kendaraan roda dua tidak dapat menggunakan BBM bersubsidi berawal dari rapat yang dilakukan oleh Kementrian ESDM yang dihadiri oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia. "Mengapa kami mengundang AISI? Karena sebetulnya kami ingin mengetahui berapa jumlah BBM yang digunakan oleh sepeda motor. Kami memang masih dalam rangka mengumpulkan semua data,” terangnya.

Dituturkannya, persoalan-persoalan seperti rencana pembatasan BBM Bersubsidi untuk kendaraan itu jelas tak mungkin diputuskan sepihak tanpa adanya konsultasi dengan pihak DPR RI. Apalagi, tambahnya, persoalan subsidi adalah persoalan yang menyangkut masyarakat kurang mampu.

JAKARTA- Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh menegaskan bahwa pemerintah tetap akan memberikan subsidi kepada pengguna kendaraan roda dua dan tak ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News