Bea Cukai Bersinergi dengan Perwakilan Bank di Daerah untuk Dukung Produk UMKM

Bea Cukai Bersinergi dengan Perwakilan Bank di Daerah untuk Dukung Produk UMKM
Bea Cukai bekerja sama dengan perwakilan bank di daerah untuk memberikan sosialisasi dan asistensi terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai bekerja sama dengan perwakilan bank di daerah untuk memberikan sosialisasi dan asistensi terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal itu dilakukan dalam rangka memperkuat daya tahan dan mendorong pengembangan UMKM.

“Sinergi antara Bea Cukai dan perwakilan bank di daerah ini untuk menjawab tantangan eksportir Indonesia di masa pemulihan pascapandemi,” ujar Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana.

Bea Cukai Kantor Wilayah (Kanwil) Sumatra Utara (Sumut) menghadiri BNI Regional Trade Talks Series yang diselenggarakan oleh Bank Negara Indonesia (BNI), Selasa (24/5).

Dengan mengangkat tema “Tips and Trick Memperluas Pasar Global Pasca Pandemi”, Bea Cukai menyampaikan materi mengenai prosedur dan fasilitas kemudahan ekspor dalam program National Logistic Ecosystem (NLE).

“Produk Indonesia harus mampu menyesuaikan kebutuhan pasar atau bagaimana mengisi pasar ekspor. Hal ini demi menjawab persaingan esportir dengan negara lain di era revolusi industri 4.0,” imbuh Hatta.

Di Tangerang, Bea Cukai Kanwil Banten aktif ikut serta dalam kegiatan expo Karya Kreatif Banten (KKB) yang diselenggarakan oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten yang berlangsung pada 20 sampai 22 Mei 2022.

Dukungan tersebut dilakukan dengan memberikan penjelasan ketentuan terkait kepabeanan dan cukai kepada para peserta expo.

Tak hanya aktif dalam gelaran booth expo, Bea Cukai Kanwil Banten turut menggandeng Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Soekarno-Hatta sebagai narasumber dalam talkshow yang mengambil tema “UMKM dari Tanah Jawara Mendunia”.

Bea Cukai bekerja sama dengan perwakilan bank di daerah untuk memberikan sosialisasi dan asistensi terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News