Bea Cukai Berupaya Tingkatkan Kapasitas Administrasi Kepabeanan se-ASEAN

Bea Cukai Berupaya Tingkatkan Kapasitas Administrasi Kepabeanan se-ASEAN
Pertemuan perwakilan administrasi pabean dari seluruh negara anggota ASEAN, yaitu the 33rd ASEAN Customs Capacity Building Working Group (CCBWG) telah berlangsung pada 12-14 September di Jakarta. Fptp: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan perwakilan administrasi pabean dari seluruh negara anggota ASEAN, yaitu the 33rd ASEAN Customs Capacity Building Working Group (CCBWG) telah berlangsung pada 12-14 September di Jakarta.

Pertemuan ini dilaksanakan dengan tujuan mengeksplorasi berbagai isu terkait peningkatan dan pengembangan kapasitas administrasi kepabenaan dalam upaya memfasilitasi perdagangan yang aman dan efisien di seluruh ASEAN.

Hasil dari pertemuan ini dapat memberikan technical assistance dan memastikan bahwa ASEAN dapat terus maju bersama dalam hal administrasi kepabeanan.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar menyampaikan CCBWG merupakan salah satu forum kerja sama kepabeanan di ASEAN yang pada periode 2023-2025 dipimpin oleh Indonesia, dalam hal ini diwakili Bea Cukai.

Dalam pertemuan ke-33 tersebut, hadir perwakilan 10 administrasi kepabeanan di ASEAN, Sekretariat ASEAN selaku fasilitator, dan ASEAN Dialogue Partner, yaitu Australia dan Jepang.

Para peserta dari seluruh negara anggota ASEAN berkumpul untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman terbaik atas perkembangan modernisasi reformasi kepabeanan.

Selain itu, berbagi ilmu pengetahun dan pengalaman terkait administrasi sumber daya manasia, mempersempit kesenjangan pembangunan, manajemen pengetahuan, serta technical assistance atau bantuan teknis, baik antarnegara anggota ASEAN maupun dari mitra wicara ASEAN.

"Pertemuan kali ini juga merupakan pertemuan pertama yang dihadiri Timor Leste sebagai obserever di CCBWG sejak aksesinya ke ASEAN," ungkap Encep dalam keterangannya, Rabu (20/9).

Dalam kesempatan itu, delegasi Indonesia menyampaikan laporan penyelenggaraan National Workshop on Knowledge Management yang telah diselenggarakan pada 11 September 2023.

Lewat Pertemuan 33rd ASEAN CCBWG, Bea Cukai merupaya meningkatkan kapasitas administrasi kepabeanan se-ASEAN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News