Bea Cukai Dukung Kawasan Industri Hortikultura di Tanggamus

Bea Cukai Dukung Kawasan Industri Hortikultura di Tanggamus
Peresmian kawasan industri hortikultura dan pelepasan ekspor di Tanggamus, Lampung. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, TANGGAMUS - Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Barat dan Kepala Kantor Bea Cukai Lampung menghadiri acara Peluncuran Kawasan Industri Hortikultura dan Pelepasan Ekspor yang diadakan di Kabupaten Tanggamus, Lampung, pada Senin (25/3).

Acara yang juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto ini dilaksanakan atas kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus dan PT Great Giant Pineapple yang merupakan salah satu penerima fasilitas Kawasan Berikat (KB) oleh Bea Cukai Lampung.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Barat Yusmariza menyampaikan tujuan acara ini. “Acara ini bertujuan untuk meresmikan kawasan industri hortikultura di Kabupaten Tanggamus, Lampung dengan berbasis aplikasi dan pelepasan hasil hortikultura yang diekspor untuk pertama kalinya serta memberikan bantuan berupa fasilitas pertanian kepada para petani yang menjalankan kegiatan hortikultura.”

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto mengatakan, dalam sambutannya bahwa dengan konsep kawasan industri hortikultura ini akan terus dikembangkan dan menjadi model guna produksi yang nantinya akan diekspor karena sudah difasilitasi oleh Bea Cukai dan PT Great Giant Pineapple.

Menurutnya, kerja sama ini harus terus berjalan dan sudah banyak petani yang daftar agar dapat menjalankan industri hortikultura ini yaitu sebanyak 1.000 hektar tanah petani yang siap di Kabupaten Tanggamus dan dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat serta pasar ekspor untuk pisang ini sangatlah besar khususnya untuk negara Tiongkok.

Di akhir acara, Bea Cukai Lampung yang diwakili oleh Didik Hariyanto melakukan penyegelan atas barang yang akan diekspor dari PT Great Giant Pineapple secara simbolis. “Diharapkan dengan adanya fasilitas ini sinergi dapat terus terjalin serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat negeri ini, Bea Cukai makin baik," tandasnya. (jpnn)


Bea Cukai memberikan dukungannya keberadaan kawasan industri hortikultura di Tanggamus, Lampung.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News