Bea Cukai Dumai Memusnahkan Barang Hasil Penindakan Tahun 2017 dan 2018

Bea Cukai Dumai Memusnahkan Barang Hasil Penindakan Tahun 2017 dan 2018
Bea Cukai Dumai memusnahkan barang hasil penindakan tahun 2017 dan 2018, yang telah berstatus Barang Milik Negara (BMN) pada Rabu (24/7) di Kompleks Detasemen ARHANUD RUDAL Dumai, Provinsi Riau. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, DUMAI - Bea Cukai Dumai memusnahkan barang hasil penindakan tahun 2017 dan 2018, yang telah berstatus Barang Milik Negara (BMN) pada Rabu (24/7) di Kompleks Detasemen ARHANUD RUDAL Dumai, Provinsi Riau. Pemusnahan dilakukan dengan cara digilas, dibakar, juga ditimbun dalam tanah.

Kepala Kantor Bea Cukai Dumai, Fuad Fauzi mengungkapkan penindakan yang dilakukan petugas Bea Cukai Dumai ini merupakan manifestasi fungsi yang diemban Bea Cukai sebagai community protector, yaitu kewajiban Bea Cukai untuk melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat maupun lingkungan.

Begitu juga penindakan atas peredaran rokok dan miras ilegal di sejumlah wilayah di bawah pengawasan Kantor Bea Cukai Dumai. Menurut Fuad, hal ini sebagai upaya nyata Bea Cukai serta Aparat Penegak Hukum (APH) lain di wilayah Kota Dumai untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat, kalangan pengusaha, dan tentu merupakan bagian dari upaya menciptakan iklim usaha yang berimbang dan berkeadilan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Dumai, Mahcmud Yunus menyatakan bahwa kegiatan pemusnahan yang terselenggara ini merupakan bentuk sinergi dan dukungan KPKNL Kota Dumai kepada Bea Cukai Dumai, dalam mewujudkan tata kelola BMN yang baik dan akuntabel.

Selain Machmud, turut hadir dalam acara ini perwakilan Polres Dumai, Pengadilan Tinggi, DenPOMAL, LANAL, KODIM, dan BP POM.

Penindakan tersebut, menurut Fuad, untuk menjadikan institsui Bea Cukai makin baik dari hari ke hari yang merupakan tekad seluruh pegawai Bea Cukai. Untuk mewujudkanya diperlukan sinergi dengan semuah pihak, bersinergi dalam melakukan penindakan dan juga dalam mengelola Barang Milik Negara eks hasil penindakan pelanggaran ketentuan Kepabeanan dan ketentuan cukai.(adv/jpnn)


Bea Cukai Dumai memusnahkan barang hasil penindakan tahun 2017 dan 2018, yang telah berstatus Barang Milik Negara (BMN) pada Rabu (24/7) di Kompleks Detasemen ARHANUD RUDAL Dumai, Provinsi Riau.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News