Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Perdana Komoditas Daerah

Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Perdana Komoditas Daerah
Bea Cukai terus menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait untuk memberikan fasilitas investasi dan ekspor komoditas. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) hidrografis dan deposit yang melimpah di sektor pertambangan maupun kelautan.

Pemanfaatan SDA dengan bijak dan penggalian potensi ekspor bisa membantu meningkatkan perekonomian negara dan kesejahteraan masyarakat.

Di masa pandemi, peningkatan kualitas dan kuantitas ekspor komoditas daerah dapat menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional yang digagas pemerintah.

Untuk itu, kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah bersinergi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lain untuk memfasilitasi investasi dan pelaksanaan ekspor komoditas daerah.

Sinergi ini terwujud di Kabupaten Morowali Utara dan Kabupaten Natuna dengan pelaksanaan ekspor perdana komoditas feronikel dan ikan kerapu hidup.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana, pada Senin (24/1) mengatakan, Bea Cukai Morowali dan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) berkomitmen menjaga iklim investasi pertambangan nikel dengan memberikan fasilitas fiskal.

Salah satu fasilitas fiskal, kawasan berikat, diberikan kepada PT Gunbuster Nickel Industry (GNI).

"Beragam manfaat telah dirasakan perusahaan dan daerah setempat seperti meningkatnya nilai tambah dan daya saing produk hasil pengolahan PT GNI di pasar global, cash flow perusahaan terjamin,"' ucap Hatta.

kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah bersinergi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lain untuk memfasilitasi investasi dan pelaksanaan ekspor komoditas daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News