Bea Cukai Gelar Sosialisasi Penerapan NLE di 3 Kota

Bea Cukai Gelar Sosialisasi Penerapan NLE di 3 Kota
Bea Cukai Tanjung Emas bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas menggelar sosialisasi dalam rangka mendiskusikan kiat-kiat menyukseskan program NLE di Semarang. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, BATAM - Salah satu unsur penting yang menentukan daya kompetisi perekonomian suatu negara ialah sistem logistik

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menata sistem logistik nasional demi menghilangkan hambatan dan mengurangi biaya arus barang dalam perdagangan internasional dan domestik.

Termasuk melalui penerapan NLE (National Logistic Ecosystem). NLE adalah suatu hubungan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen international sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang. 

Bea Cukai berperan penting dalam menyukseskan penerapan NLE demi terciptanya penurunan biaya logistik dan pertumbuhan sektor industri. 

Untuk itu, unit vertikal Bea Cukai di berbagai daerah, seperti Batam, Tanjung Emas, dan Bandar Lampung menggelar sosialisasi NLE dengan menyasar para pengguna jasa kepabeanan dan instansi terkait.

Di Batam, Bea Cukai turut hadir sebagai pembicara dalam acara Sosialisasi dan Koordinasi NLE yang diselenggarakan oleh Tim Teknis Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki) pada 21 September 2022. 

Dalam acara tersebut, dijelaskan bahwa NLE merupakan aplikasi yang dibangun pemerintah sebagai wadah bertemunya pengusaha dan para pemilik platform yang bertujuan memutus rantai birokrasi layanan logistik. 

Dengan adanya NLE, pengguna jasa dapat mengakses informasi layanan publik seluas-luasnya sehingga memudahkan pengguna jasa karena kemudahan akses serta efisiensi proses bisnis.

Bea Cukai menggelar sosialisasi penerapan NLE di tiga kota, yaitu Batam, Tanjung Emas, dan Bandar Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News