Bea Cukai Hadiri The 19th WCO Asia Meeting

Bea Cukai Hadiri The 19th WCO Asia Meeting
Pertemuan World Customs Organization (WCO) se Asia-Pasifik di Fiji. Foto; Ist

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menghadiri pertemuan rutin tahunan para pimpinan administrasi pabean 22 negara dan World Customs Organization (WCO) se Asia-Pasifik di Fiji, pada 14 – 16 mei 2018.

Pertemuan yang dihadiri 76 orang perwakilan pabean ini membahas beberapa draf laporan, update, dan endorsement untuk kegiatan Vice Chair Asia Pasifik oleh Fiji Customs.

Juga digelar presentasi dan diskusi dengan dua kandidat Sekretaris Jenderal WCO yaitu Kunio Mikuriya dari Jepang dan Pllar Julardo dari Spanyol.

Dalam pembukaan oleh Sekjen WCO, disampaikan beberapa area yang menjadi prioritas tindak lanjut WCO yaitu e-commerce, trade facilitation, security, illicit financial flows, customs-tax cooperation, performance measurement, dan revisi RKC.

Isu akseksi dan potensi perdebatan, telah ditindaklanjuti WCO dengan membuat Working Group on Term of Reference, untuk menjadi agenda endorsement di Council Session Juni 2018, sehingga WCO akan fokus dalam isu teknis kepabeanan, tidak dalam isu politik.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai, Robert Leonard Marbun, menjelaskan pada pertemuan tersebut Bea Cukai berkesempatan menyampaikan beberapa posisi penting Indonesia.

“Kami mengungkapkan apresiasi Indonesia untuk Regional Office for Capacity Building Asia/Pacific (RILO A/P ) yang turut mendukung capacity building Bea Cukai, serta tiga area prioritas capacity building Indonesia 2018 yaitu e-commerce, trade facilitation, dan human resources development," ujar Robert.

Dia menyatakan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan National Contact Point RILO A/P ke-30, yang direncanakan diadakan pada November 2018 di Lombok.

Bea Cukai berkesempatan menyampaikan beberapa posisi penting Indonesia di World Customs Organization.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News