Bea Cukai Kediri Gencarkan Edukasi Ekspor untuk Menggairahkan Industri Mikro

Bea Cukai Kediri Gencarkan Edukasi Ekspor untuk Menggairahkan Industri Mikro
Bea Cukai mendorong industri mikro meningkatkan potensi ekspor. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, KEDIRI - Bea Cukai Kediri memberikan edukasi dan pendampingan ekspor pada CV Mitra Karya Sejahtera yang berdomisili di Jombang, Jawa Timur pada Rabu (4/11).

Langkah ini dilakukan Bea Cukai untuk menggugah pengusaha mikro agar mampu menembus pasar Internasional. Terlebih produsen perkakas dapur dari bahan kayu ini memang telah berkeinginan untuk bisa melakukan ekspor.

Selain itu, program pemulihan ekonomi nasional (PEN) merupakan langkah strategis kebijakan pemerintah Indonesia dalam menanggulangi turbulensi ekonomi dalam negeri yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Salah satu program yang ditekankan adalah dengan menggiatkan industri mikro dan kecil untuk bisa memanfaatkan peluang menembus pasar global.

Kepala Kantor Bea Cukai Kediri Suryana mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya menjelaskan segala sesuatu yang berkenaan dengan ekspor. Dari perizinan, standarisasi produk, tata laksana ekspor, serta import permit di negara tujuan ekspor.
"Strategi Bea Cukai saat ini salah satunya adalah turut berkontribusi dalam PEN dengan menggiatkan industri UMKM yang berpotensi ekspor. Jadi produk UMKM harus bisa dikenal di pasar global, tidak di pasar domestik saja," kata Suryana.
Rasyid Usman selaku pemilik CV Mitra Karya Mandiri memberikan apresiasi atas langkah taktis yang diambil oleh Bea Cukai Kediri yang sangat membantu dengan memberikan banyak informasi yang berkaitan dengan ekspor.

"Kami menyadari memang banyak yang harus dipelajari sebelum mengambil langkah untuk melakukan ekspor. Metode pembayaran, pemasaran, serta pemilihan agen untuk penanganan logistik. Namun, hal itu akan menjadi pelecut kami untuk bisa menjadikan produk kami eksis di pasar internasional,” katanya optimis.

Selain edukasi dan pendampingan ekspor, Bea Cukai Kediri juga mengadakan kegiatan bertajuk “Kongkow bareng BC” sebagai wadah diskusi komunitas Sahabat UMKM Jawa Timur, Kamis (5/11).

Humas Bea Cukai Kediri Hendratno Argosasmitopius mengatakan lewat kegiatan sebagai bentuk perhatian instansinya terhadap pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM), terutama dalam mengajak mereka untuk mulai memahami dan berani ekspor.

Bea Cukai membantu pengusaha mikro agar mampu menembus pasar Internasional dengan berbagai kemudahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News