Bea Cukai Lakukan Sinergi Antarinstansi untuk Dorong Ekspor Pelaku UMKM

Bea Cukai Lakukan Sinergi Antarinstansi untuk Dorong Ekspor Pelaku UMKM
Bea Cukai membuka peluang memperkuat sinergi dan kolaborasi antarinstansi untuk mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Pemeritah melalui Bea Cukai membuka peluang memperkuat sinergi dan kolaborasi antarinstansi untuk mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melakukan ekspor.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan sebagai bentuk dukungan dan pemberdayaan UMKM, Bea Cukai menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah, antarunit eselon I Kementerian Keuangan, hingga Bank Indonesia.

“Kerja sama mendorong ekspor kali ini dilakukan Bea Cukai di wilayah Tanjungpinang, Langsa, Ambon, dan Kudus,” katanya.

Di Tanjungpinang, Bea Cukai berkesempatan hadir sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan dan kemitraan berorientasi ekspor.

Kegiatan bernama “Pelatihan Prosedur Ekspor Bagi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM)” itu berlangsung di ruang pertemuan Hang Jebat, Hotel Comforta Tanjungpinang, Selasa (1/11).

“Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menguatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku UMKM agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi standar ekspor sehingga sesuai dengan permintaan pasar,” ujar Hatta.

Sementara itu, di Langsa, Bea Cukai bersinergi dengan Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kutacane dan Dinas Koperasi, UKM, dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tenggara mengadakan sosialisasi dan asistensi kepada UMKM di wilayah Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (8/11).

Tim Asistensi Bea Cukai Langsa dan KPPN Kutacane mengunjungi beberapa pelaku UMKM untuk melakukan asistensi, Selasa (8/11) dan Rabu (9/11).

Bea Cukai membuka peluang memperkuat sinergi dan kolaborasi antarinstansi untuk mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News