Bea Cukai Siap Membantu Pengembangan Pelabuhan Patimban

Bea Cukai Siap Membantu Pengembangan Pelabuhan Patimban
Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat Saipullah Nasution meninjau kesiapan fasilitas sarana dan prasarana Kantor Bantu Bea Cukai dan Requirement Customs Clearance di Pelabuhan Patimban. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, SUBANG - Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat (Kakanwil BC Jabar) Saipullah Nasution mengatakan pihaknya bertekad membantu pelaksanaan soft launching ekspor perdana pada Pelabuhan Patimban, Subang, Jabar.

Pelabuhan Patimban diharapkan dapat menjadi stimulator pengembangan sentra industri di wilayah Subang khususnya, dan Jabar umumnya.

“Pelabuhan Patimban nantinya diharapkan dapat memecah beban kerja Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Saipullah meninjau kesiapan fasilitas sarana dan prasarana Kantor Bantu Bea Cukai dan Requirement Customs Clearance di Pelabuhan Patimban, Kamis (26/11).

Saipullah menjelaskan bahwa biaya logistik industri manufaktur Indonesia mencapai angka 28 persen dari total gross domestic product (GDP). Sebanyak 65 persen biaya logistik diketahui berasal dari sektor transportasi.

Aksesibilitas kawasan industri di Jabar saat ini masih bergantung pada Pelabuhan Tanjung Priok. Letaknya yang jauh kerap memakan ongkos logistik besar.

“Oleh karena itu, pentingnya pembangunan Pelabuhan Patimban agar dapat mereduksi biaya logistik industri manufaktur Indonesia khususnya di Jawa Barat yang berasal dari sektor transportasi,” ungkap dia.

Saipullah mengusulkan pengembangan Pelabuhan Patimban dapat memanfaatkan digitalisasi, sehingga memiliki daya saing yang tinggi untuk keperluan ekonomi nasional.

Selain itu, ia juga mengusulkan dibentuknya suatu Kawasan Industri Terpadu agar menarik investasi dan membuka lapangan kerja serta menurunkan biaya logistik.

“Semoga dengan pengembangan Pelabuhan Patimban ini menjadi awal yang baik dan ke depan menjadi salah satu pelabuhan yang bisa diandalkan oleh Indonesia dalam mengurangi biaya logistik demi terwujudnya iklim investasi yang kondusif dan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang makin baik,” harap Saipullah.

Pelabuhan Patimban diharapkan dapat menjadi stimulator pengembangan sentra industri di wilayah Subang khususnya, dan Jabar umumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News