Beber Negosiasi Blair-Kadhafi soal Tragedi Lockerbie

Beber Negosiasi Blair-Kadhafi soal Tragedi Lockerbie
Beber Negosiasi Blair-Kadhafi soal Tragedi Lockerbie
TRIPOLI – Di tengah perburuan pasukan pemerintahan sementara Libya atas Muammar Kadhafi dan orang-orang yang loyal kepadanya, terungkap sebuah rahasia menyangkut pembebasan Abdelbaset al-Megrahi, tersangka pengebom pesawat Pan Am 103 dalam tragedi Lockerbie, Skotlandia, pada Agustus 2009. Koran The Sunday Telegraph kemarin (18/9) membeber adanya negosiasi rahasia antara Perdana Menteri Inggris (saat itu) Tony Blair dan Kadhafi.

Hal itu terungkap dari penelusuran terhadap sejumlah surat dan e-mail yang ditemukan media Inggris tersebut. Menurut The Sunday Telegraph, Blair diketahui dua kali terbang ke Libya dengan jet pribadi Kadhafi. Kedua tokoh itu dilaporkan bertemu pada Juni 2008 dan April 2009 saat Libya mengancam akan memutus semua jaringan bisnisnya di Inggris jika Megrahi tetap ditahan di penjara Negeri Ratu Elizabeth II tersebut.

Berdasar isi dokumen itu, terungkap bahwa dalam dua pertemuan tersebut, Blair meminta agar keberangkatannya ke Libya melalui Sierra Leone dengan menggunakan jet yang disediakan Kadhafi. Selama ini pertemuan rahasia itu sama sekali tak pernah diungkapkan Blair, termasuk dalam berbagai situs resmi.

Hal itu membuat para keluarga korban tragedi Lockerbie menuntut agar Blair segera membeber semua kesepakatan yang dibuatnya dengan rezim Kadhafi saat itu. Menurut The Sunday Telegraph, Blair bahkan mengajak seorang miliarder Amerika Serikat (AS) dalam salah satu pertemuannya dengan mantan diktator Libya itu.

Sejumlah sumber menyebut bahwa investor tersebut diminta Kadhafi untuk membantu membangun proyek resor di pantai Libya. Dalam korespondensi yang dilakukan oleh dua tokoh itu, kantor Blair menyebut Kadhafi dengan panggilan ’’Sang Pemimpin’’.

TRIPOLI – Di tengah perburuan pasukan pemerintahan sementara Libya atas Muammar Kadhafi dan orang-orang yang loyal kepadanya, terungkap sebuah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News