Beda Kelompok Aman Abdurrahman dan MIT, Ternyata!

Beda Kelompok Aman Abdurrahman dan MIT, Ternyata!
Anggota Densus 88 menangkap terduga teroris. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Beredar rekaman suara Aman Abdurrahman, 46, meminta para napi teroris di Rutan Salemba Cabang Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, menghentikan perlawanan karena dipicu masalah makanan. Aman alias Oman merupakan tahanan teroris, yang juga pentolan aksi Bom Thamrin Januari 2016 silam.

Di sisi lain, muncul video yang berasal dari Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Video itu bertolak belakang dengan rekaman suara Oman. Bila oman meminta untuk tidak melawan. Tapi , MIT justru sebaliknya, tidak menyerah.

Dalam video berdurasi 4 menit tersebut tampak Ali Kalora pengganti pimpinan MIT pasca-Santoso tewas. Ali Kalora diapit oleh dua orang yang menutupi mukanya serta membawa dua senjata laras panjang M 16.

Ali menyebut bahwa jangan pernah berpikir untuk negosiasi atau menyerah. Lihatlah di bumi Poso ini, MIT melawan hanya dengan dua pucuk senjata. ”Melawan ribuan orang,” tuturnya.

Berbeda sekali dengan semua tahanan, menurutnya dengan membawa banyak senjata dan amunisi itu maka, melawanlah. ”Lawan dan kita akan diberikan kemenangan di bumi nusantara. Sampai syahid, tanah dan airnya rasanya manis,” tuturnya.

Video dari MIT itu pertama kali menyebar dari sejumlah terpidana kasus terorisme di penjara. Bahkan, video itu sudah digabung dengan pernyataan Oman dalam rekaman suara.

BACA JUGA: Aman Abdurrahman: Melawan karena Makanan, Masuk Neraka

Pengamat Terorisme Al Chaidar menjelaskan, perbedaan antara Oman dengan MIT ini ada pada metode terorisme. Bila MIT ini metode tamkin atau teritorial, namun Oman menjalankan metode Tanzhim alias non teritorial. ”Metode berbeda menimbulkan sikap yang berbeda,” terangnya.

Beredar rekaman suara Aman Abdurrahman minta para napi teroris di Rutan Salemba Cabang Mako Brimob menyerah, juga beredar video dari MIT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News