Begini Cara Kerja Dalang "Mama Minta Pulsa" Menipu Kita

Begini Cara Kerja Dalang "Mama Minta Pulsa" Menipu Kita
Efendi alias Lekkeng. FOTO: palopo pos

jpnn.com - KASUBDIT Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan mengatakan, Efendi diringkus setelah pihaknya mengembangkan penangkapan anggota jaringan penipuan mama minta pulsa di Cianjur, Kamis (29/10). 

Saat itu ada delapan orang yang diamankan. Mereka adalah warga Cianjur, Semarang, dan Makassar. Dari Cimahi, Jawa Barat, polisi menangkap satu tersangka. "Tersangka E (Effendi) ini pengembangan dari penangkapan sebelumnya," kata dia. 

Seperti diberitakan sebelumnya, otak penipuan berkedok minta pulsa Efendi alias Lekkeng dan istrinya Hermawati dibekuk di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (5/11).

Dalam aksinya, sindikat tersebut menyasar seluruh korban se-Indonesia. Pelaku mengirim SMS secara random. 

Banyak format yang dipakai. Misalnya, mama kehabisan pulsa, tawaran bonus mobil, jualan tiket pesawat murah, dan penipuan serupa lain lewat SMS. 

Dari SMS yang disebar tersebut, ada saja korban yang tergiur. Biasanya korban diminta menghubungi nomor telepon yang tercantum pada SMS. 

Kemudian, korban dipandu ke ATM untuk mengambil uang yang dijanjikan. Tetapi, ujung-ujungnya malah mentransfer uang ke rekening tersangka. "Modusnya lama. Tapi, ini sudah meresahkan masyarakat," ujarnya. (fh/eb/JPG/c11/agm) 

KASUBDIT Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan mengatakan, Efendi diringkus setelah pihaknya mengembangkan penangkapan anggota jaringan penipuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News