Begini Cara Mencuci Tangan yang Tepat

Begini Cara Mencuci Tangan yang Tepat
Begini Cara Mencuci Tangan yang Tepat

jpnn.com - TANGAN merupakan salah satu media atau jalur masuknya kuman atau bakteri penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Berbagai kuman dan bakteri penyakit bisa dengan mudah menempel ditangan setelah tangan menyentuh sesuatu.

Karena itu, mencuci tangan dengan benar akan tetap menjaga tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit. Bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut ini beberapa tipsnya, seperti dilansir laman Safebee.

1. Gunakan air hangat

Para peneliti di Vanderbilt University menemukan cuci tangan dengan air panas untuk membunuh kuman tidak lebih baik dari mencuci dengan dingin. Air yang cukup panas baik untuk membunuh bakteri. Plus, air panas bisa mengiritasi lapisan pelindung kulit, sehingga kurang tahan terhadap bakteri.

2. Cuci tangan dengan sabun

Studi menunjukkan mencuci tangan dengan sabun tangan biasa jauh lebih efektif daripada menggunakan sabun anti bakteri karena sabun anti bakteri bisa menyebabkan perkembangan bakteri resistan terhadap obat sehingga sulit untuk melawan kuman di masa depan.

3. Gosok tangan secara menyeluruh

Pastikan Anda menggosok secara menyeluruh, termasuk bagian belakang tangan, pergelangan tangan, antara jari dan di bawah kuku Anda setidaknya selama 20 detik, menurut CDC. 

TANGAN merupakan salah satu media atau jalur masuknya kuman atau bakteri penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Berbagai kuman dan bakteri penyakit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News