Begini Cara Mengetahui Perbedaan Flu dan Keracunan Makanan

Begini Cara Mengetahui Perbedaan Flu dan Keracunan Makanan
Influenza. Foto: Newsfirst

jpnn.com - Kram perut, mual, muntah, kelelahan. Ini adalah gejala keracunan makanan dan flu. Permulaan kedua penyakit ini bisa sangat mirip, terutama dalam kasus yang parah mudah salah mengidentifikasi satu sama lain.

Inilah cara membedakan keduanya. "Salah satu alasan kita merasa kebingungan adalah karena ada misnomers," kata Alex Berezow, PhD, seorang ahli mikrobiologi dan wakil presiden urusan ilmiah di Dewan Amerika tentang Ilmu Pengetahuan dan Kesehatan, seperti dilansir laman MSN.

Penyakit bawaan makanan, bahasa sehari-hari yang dikenal sebagai keracunan makanan, adalah hasil dari patogen yang bepergian dalam makanan yang tidak higienis atau disimpan dengan buruk. Pusat Pengendalian Penyakit memperkirakan bahwa penyakit bawaan makanan menyebabkan 48 juta penyakit, 128.000 dirawat di rumah sakit, dan 3.000 kematian di Amerika Serikat setiap tahun.

BACA JUGA: Puluhan Orang Keracunan Nasi Rawon, Satu Warga Meninggal

"Keracunan makanan, bagaimanapun, mungkin kurang dilaporkan," kata Aaron Glatt, MD, seorang dokter di Rumah Sakit Komunitas Nassau Selatan dan juru bicara Masyarakat Penyakit Menular Amerika.

Influenza, bahasa sehari-hari dikenal sebagai flu, adalah penyakit pernapasan menular yang menyebar terutama melalui cairan tubuh yang mengandung virus, dan sangat umum terjadi di musim dingin. Dalam rentang 12 bulan terakhir di CDC menemukan bahwa 80.000 orang Amerika meninggal karena flu.

BACA JUGA: Mengapa Bisa Sakit Perut Saat Terserang Flu?

Biasanya, angka kematian tahunan adalah antara 12.000 hingga 56.000. Kematian dari keduanya jarang terjadi atau biasanya pun kalau ada, hal ini biasanya disebabkan oleh strain virus yang parah pada orang yang sangat muda atau tua atau yang memiliki beberapa kondisi yang membahayakan sistem kekebalan tubuh mereka.

Kram perut, mual, muntah, kelelahan. Ini adalah gejala keracunan makanan dan flu. Permulaan kedua penyakit ini bisa sangat mirip, terutama dalam kasus yang parah mudah salah mengidentifikasi satu sama lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News