Rabu, 26 Juni 2019 – 21:59 WIB

Mengapa Bisa Sakit Perut Saat Terserang Flu?

Selasa, 09 April 2019 – 16:50 WIB
Mengapa Bisa Sakit Perut Saat Terserang Flu? - JPNN.COM

Influenza. Foto: Newsfirst

jpnn.com - Di musim pancaroba seperti saat ini, penyakit flu sudah menjadi penyakit langganan yang dengan mudahnya dapat dijumpai pada orang-orang di sekitar Anda.

Gejala yang biasa muncul adalah demam, sakit kepala, nyeri tubuh dan batuk pilek. Namun, bila saat flu Anda mengeluhkan sakit perut, artinya Anda harus lebih waspada.

Belum tentu gejala flu

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, penyebutan sakit flu memang umum sekali dilontarkan oleh masyarakat awam untuk menyebut gejala penyakit yang disebabkan oleh virus. Padahal, tak semua gejala tersebut bisa dikatakan sebagai sakit flu.

Ketika Anda terdiagnosis kena sakit flu, maka gejala yang muncul adalah seperti yang sudah disebutkan di atas. Sedangkan bila Anda terinfeksi virus yang belum tentu merupakan virus flu, gejalanya bisa mirip seperti flu, tetapi ditambah dengan keluhan sakit perut dan mialgia atau nyeri otot.

“Jadi, antara gejala flu dan nyeri perut memang saling berkaitan karena sama-sama berasal dari infeksi virus yang bisa menyebabkan munculnya semua gejala tersebut,” jelas dr. Alvin.

Kendati demikian, dr. Alvin juga mengatakan bahwa sakit perut saat flu bisa jadi permasalahan yang berbeda. Terlepas dari kondisi tubuh yang sedang lemah sehingga terserang virus, sakit perut juga bisa menandakan adanya keluhan lambung yang sedang kumat.

“Perlu dicek juga riwayat lambung si penderitanya, jangan-jangan sakit perutnya disebabkan oleh dispepsia yang kambuh dan tak berkaitan sama sekali dengan infeksi virus.” tutur dr. Alvin.

Sumber : KlIkdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar