Begini Cara Merawat Helm yang Terkena Hujan

Begini Cara Merawat Helm yang Terkena Hujan
Jajaran helm RSV. Foto: Dedi Sofian/JPNN

jpnn.com - Helm merupakan salah satu perangkat penting bagi setiap pengendara motor. Namun, karena musim hujan yang hampir setiap hari mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia, helm juga perlu perawatan khusus karena basah.

Hal itu untuk menjaga agar helm kesayangan tetap awet dan tetap nyaman dipakai. Sebab, jika helm yang terkena air hujan dibiarkan maka akan menimbulkan jamur dan bakteri yang bisa membuat tampilan helm terlihat kusam serta timbul bau.

Menurut penuturan Owner RSV Helmet Richard Ryan, jika helm sering kena air hujan yang perlu diperhatikan adalah jangan langsung disimpan harus dibersihkan terlebih dahulu dari air hujan dan kotoran yang menempel pada bagian helm.

"Cara membersihkan bisa dengan mencucinya, kalau perlu pakai sabun cair atau shampo, agar bersihnya maksimal," ujar pria yang akrab disapa Richard lewat pesan singkatnya kepada JPNN.com, Jumat (18/1).

Selesai dicuci, lanjut Richard, dibersihkan sisa air dengan kanebo atau kain halus yang kering. Pastikan tidak ada air yang tertinggal, kemudian keringkan kembali di bawah sinar matahari.

"Jangan menjemur helm terlalu lama di bawah sinar matahari langsung, karena bisa membuat cat helm menjadi pudar. Kalau sudah terasa kering, langsung disimpan," pesan Richard.

Untuk penyimpanannya sendiri tempatkan pada posisi terbalik, agar ada sirkulasi udara di dalam bagian helm dan mencegah bau tak sedap. (mg9/jpnn)


Jangan menjemur helm yang basah setelah cuci terlalu lama di bawah sinar matahari langsung.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News