Begini Cara Rano Dorong Transparansi di Pemprov Banten

Begini Cara Rano Dorong Transparansi di Pemprov Banten
Rano Karno. FOTO: Dok. Pemprov Banten

jpnn.com - jpnn.com - Calon Gubernur Banten Nomor Urut 2 Rano Karno akan terus mendorong transparansi dalam setiap perencanaan program dan angggaran atau kegiatan pemerintah provinsi (Pemprov) Banten. Salah satu langkah di tengah kemajuan teknologi adalah perencanaan dan pengelolaan pemerintahan dan pembangunan berbasis Electronik atau online.

"Dengan kemajuan teknologi saat ini, transparansi pemerintah Provinsi Banten harus sudah memanfaatkan berbasis elektronik,” ujar Rano usai menghadiri acara Talkshow di salah satu stasiun televisi di Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Salah satu yang sudah dilakukan oleh Rano Karno saat masih menjabat sebagai Gubernur Banten yaitu merumuskan E-DRPK atau Daftar Rencana Pelaksanaan Kegiatan Berbasis Elektronik melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten.

Sementara untuk memantau keuangan secara transparan, Pemprov Banten telah memanfaatkan dan E-SIMDA yang merupakan akses untuk memantau keuangan daerah yang bekerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kita sudah melakukan E-DRPK oleh Bappeda Banten dan juga E-SIMDA yaitu keuangan bisa termonitor oleh BPKP atau kita sebut E-Budgeting,” paparnya seperti rilis diterima Jumat (3/2).

Meski begitu, Rano mengungkapkan E-DRPK dan E-SIMDA belum bisa diakses oleh masyarakat umum dan hanya diakses oleh internal SKPD Banten saja. Namun, Rano berjanji akan terus menyempurnakan kedua hal tersebut agar bisa diakses oleh seluruh masyarakat Banten.

“Kita mesti melibatkan partisipasi publik agar transparan. Kita mesti buatkan kanalnya," jelas Rano.

"Memang keduanya baru bisa diakses oleh SKPD saja, artinya perlu penyempurnaan sehingga masyarakat betul betul melihat transparansi yang ada di pemerintahan provinsi Banten," paparnya.

Calon Gubernur Banten Nomor Urut 2 Rano Karno akan terus mendorong transparansi dalam setiap perencanaan program dan angggaran atau kegiatan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News