Begini Cara TNI Menanamkan Nasionalisme untuk Anak-anak di Perbatasan 

Begini Cara TNI Menanamkan Nasionalisme untuk Anak-anak di Perbatasan 
Cara belajar sambil bermain anak-anak perbatasan bersama prajurit Satgas Pamtas. ANTARA/HO-TNI AD

jpnn.com, JAKARTA - TNI melalui Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia menanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada anak-anak di wilayah perbatasan yakni di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. 

Komandan Yonif Mekanis 643/WNS Letkol Inf Hendro Wicaksono mengatakan sesuai dengan tugas pokok yang diberikan oleh komando atas, Satgas Pamtas memiliki tugas melaksanakan pengamanan perbatasan, dan menanamkan nasionalisme. 

“Kami menanamkan nasionalisme seperti ini agar mereka tidak berpindah dan berpihak ke tetangga sebelah (negara lain)," ujarnya dalam siaran TNI AD yang diterima di Jakarta, Jumat (27/8).  

Terlebih lagi, dia menegaskan, dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, nasionalisme dan patriotisme tersebut perlu terus ditanamkan agar tidak pudar atau luntur.  Oleh karena itu, berbagai cara menarik dilakukan Satgas Pamtas dalam menanamkan nasionalisme bagi anak-anak. 

Nilai-nilai nasionalisme yang diberikan lewat cara belajar sambil bermain bersama prajurit Satgas Pamtas.

"Ini wisata matematika bela negara, jadi permainannya seperti berhitung, di situ nanti ada melemparkan dua dadu, kemudian ada angka-angka, nanti mereka disuruh memilih mau ditambah atau dikalikan. Nanti setelah itu ada bidak yang harus dilewati," papar dia.

Setiap bidak ada angka dan warnanya, yang nantinya berisi pertanyaan soal nasionalisme dan kebangsaan. 

Menurut Hendro Wicaksono, cara ceria dan gembira itu dapat menanamkan nasionalisme dan patriotisme pada anak-anak.

TNI melalui Satgas Pamtas menanamkan nilai-nilai nasionalisme bagi anak-anak di perbatasan RI-Malaysia. Dalam pandemi Covid-19 seperti saat ini, nasionalisme dan patriotisme tersebut perlu terus ditanamkan agar tidak pudar atau luntur. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News