Begini Kemeriahan Perayaan Hari Wayang Nasional

Begini Kemeriahan Perayaan Hari Wayang Nasional
Perayaan Hari Wayang Nasional. Foto: SENA WANGI

jpnn.com, JAKARTA - Peringatan Hari Wayang Nasional menjadi momentum puncak kesadaran, persatuan, dan kecintaan masyarakat terhadap salah satu kebudayaan bangsa Indonesia.

Peringatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat dalam melestarikan, mengembangkan, dan mengkaji wayang guna mewujudkan kebudayaan nasional yang dinamis dan modern.

Hal ini antara lain yang melatarbelakangi diselenggarakannya acara ”Living Intangible Cultural Heritage Forum for Wayang Puppet Theater in Indonesia 2021” dalam perayaan Hari Wayang Nasional ke-3 di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur.

Perhelatan budaya yang diselenggarakan Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENA WANGI) ini dibagi dalam tiga format kegiatan, yaitu: Atraksi, Diskusi dan Ekskursi.

“Peringatan Hari Wayang Nasional Ke-3 tahun 2021 ini sekaligus rintisan awal menjadikan Indonesia sebagai rumah wayang dunia,” terang Ketua Umum SENA WANGI Drs. Suparmin Sunjoyo, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/11).

Acara diisi dengan berbagai kegiatan yang digelar secara off-line dan virtual selama tiga hari berturut-turut, 7 – 9 November 2021. Pergelaran ini disiarkan secara live streaming melalu channel Youtube SENA WANGI.

Acara meliputi; Pertunjukan Wayang, Atraksi Wayang, Diskusi dan Ekskursi. Lomba Virtual Film Animasi Wayang, Lomba Virtual Goro-Goro Wayang Wong, Lomba Sabet Perang Wayang Purwa Gaya Surakarta, dan Yogyakarta, Golek Sunda, serta berbagai acara lainnya

.Acara lainnya berupa diskusi dengan format talkshow dan seminar berskala internasional. Menghadirkan para pakar dan penggiat wayang dengan berbagai tema kajian yang juga dilaksanakan secara live streaming.

Perayaan Hari Wayang Nasional- Living ICH Forum for WPT in Indonesia diselenggarakan secara meriah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News