Begini Konsep Green City Ala Anies Baswedan

Begini Konsep Green City Ala Anies Baswedan
Anies Baswedan berkampanye di GOR Sunter, Rabu (9/1). Foto: Ist

jpnn.com - jpnn.com - Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berkomitmen membuat ibukota menjadi kota hijau dan ramah lingkungan (green city).

Langkah tersebut menjadi terobosan Anies-Sandi lantaran selama ini Jakarta jauh dari ramah lingkungan dengan banyaknya polusi dan sedikitnya ruang terbuka hijau.

Anies akan memulai terobosan tersebut dengan menyiapkan sumber daya alternatif untuk menunjang kegiatan warga. Dia memberikan contoh penggunaan panel surya untuk memberikan energi listrik ke warga.

"Kami secara bertahap akan mengembangkan dan memanfaatkan tenaga surya sembari mencari cara agar biaya untuk penyediaan panel terjangkau untuk warga," kata Anies saat menghadiri Rabu Bersama di Gor Sunter, Jakarta Utara (Rabu, 11/1).

Selain pemanfaatan energi alternatif yang terbaharukan, Anies juga akan mendesain kota dengan ruang terbuka hijau yang memenuhi standar sebuah kota maju. Nantinya seluruh jalanan dan trotoar di Jakarta akan dinaungi pepohonan yang rindang.

"Jakarta ini gersang sekali, sehingga ke depan kami akan memulai dengan menanam pohon sebanyak mungkin dan sesegera mungkin saat nanti kami mulai menjabat," ucap Anies.

Penanaman pohon juga akan diprioritaskan pada daerah Jakarta Utara. Anies menilai Jakarta Utara memiliki suhu yang cukup panas dibanding daerah Jakarta lain dan hal itu diperparah dengan tidak adanya pepohonon.

Sementara itu Jakarta bisa disebut kota yang ramah lingkungan apabila mampu mengelola air yang mengalir di kota tersebut. Kali ini Anies lebih memilih membuat drainase vertical daripada harus mengalirkanya ke laut.

 Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berkomitmen membuat ibukota menjadi kota hijau dan ramah lingkungan (green city).

Sumber RMOLjakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News