Begini Langkah BMKG Antisipasi Gempa di Kaltara

Begini Langkah BMKG Antisipasi Gempa di Kaltara
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - TARAKAN – Kepala BKMG Balikpapan Mujianto hadir di Tarakan untuk membantu memasang program yang bisa membaca dan menganalisa gempa bumi lebih detail di BMKG Tarakan. Selain itu, dia juga memberikan wawasan tambahan kepada geofisikawan di BMKG Tarakan.

“Memang sudah SOP-nya. Kalau terjadi gempa yang merusak, maka harus geofisikawan yang melayani dan memberikan penjelasan. Di Kalimantan sendiri cuma di Balikpapan yang ada Geofisikawan,” ujar Mujianto, Rabu (23/12).

Mujianto membawa dua program ke Tarakan. Yakni SeisgramK12 dan SeiskomP3.  “Kalau ada perubahan-perubahan yang signifikan di amplitudo-nya maka berarti terjadi gempa. Dari sini nanti analisanya di sini,” kata Mujianto.

Hasil pengamatan terintegasi secara online dengan BMKG Pusat. Masyarakat yang ingin tahu bisa melihat di www.BMKG.co.id, tepatnya di menu gempa bumi.

“Itu update terus untuk gempa yang dirasakan, baik di bawah 5,0 SR maupun di atas 5,0 SR. informasi itu juga langsung tersebar ke pejabat pengambil keputusan seperti BPBD dan sebagainya, melalui broadcast sistem untuk gempa dengan kekuatan di atas 5,0 SR,” beber Mujianto. (ash/jos/jpnn)

 

 

 


TARAKAN – Kepala BKMG Balikpapan Mujianto hadir di Tarakan untuk membantu memasang program yang bisa membaca dan menganalisa gempa bumi lebih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News