Begini Strategi Meningkatkan Kepemimpinan Taruna AAL

Begini Strategi Meningkatkan Kepemimpinan Taruna AAL
Taruna AAL mengikuti latihan Kepemimpinan. FOTO: Penerangan AAL for JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA - Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-61 mengikuti Latihan Kepemimpinan (Latpim) di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal), Juanda, Sidoarjo dari tanggal 15-18 Desember 2015.

Sebelum berangkat ke tempat latihan, para peserta Latihan Kepemimpinan mengikuti Apel Kesiapan di Gedung Salahutu, AAL, yang dipimpin oleh Komandan Resimen (Danmen) Taruna AAL, Kolonel Mar Suhartono.

Apel kesiapan dihadiri pula oleh Kepala Departemen Kepemimpinan (Kadeppim) AAL Kolonel Mar Budi Santoso serta  sejumlah pejabat resimen, para instruktur dan pelatih AAL.

Kegiatan latihan kepemimpinan yang diikuti oleh 90 orang Taruna AAL Tingkat IV ini meliputi Montenering, Outbond, produk tuldis, pengumpulan data, paparan, pengorganisasian seminar dan penyelenggaraan seminar.

Dalam sambutannya, Danmen Taruna AAL Kolonel (Mar) Suhartono, mengatakan kegiatan latihan kepemimpinan bagi Taruna AAL Tingkat IV ini merupakan salah satu bagian dari kurikulum pendidikan taruna sebagai bentuk pendidikan karakter. Dalam latihan ini, banyak nilai-nilai luhur yang ditanamkan kepada seluruh taruna, diantaranya bahwa pada diri seorang pemimpin memiliki ciri yang melekat sepanjang masa, seperti memiliki sifat jujur, komitmen yang kuat, pemberani, bijaksana dan pengambil keputusan.

Menurut Penerangan AAL, latihan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada taruna melalui pengembangan karakter individu, kelompok, pembangunan tim dan pengembangan kerjasama antar kelompok serta kepercayaan diri, motivasi, kejujuran dan keberanian untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan.

Oleh sebab itu, Danmen meminta agar seluruh peserta mengikuti latihan ini secara sungguh-sungguh dan mengikuti seluruh materi latihan kepemimpinan sampai selesai. Karena sangat penting bagi Taruna AAL dalam melaksanakan tugas sebagai  perwira Angkatan Laut dan merupakan bakal calon pemimpin Angkatan Laut masa depan.

Sementara itu, para taruna yang mengikuti kegiatan pelatihan terlihat sangat antusias dan bersemangat khususnya pada saat mengikuti tahapan montenering dan Outbond.(fri/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Buwas Titip Pesan buat KPK

SURABAYA - Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-61 mengikuti Latihan Kepemimpinan (Latpim) di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Militer


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News