Behel Bisa Rusak Rahang

Jika Salah Penggunaan

Behel Bisa Rusak Rahang
Behel Bisa Rusak Rahang
BOGOR-- Kini, penggunaan kawat gigi alias behel bukan sesuatu yang baru.  Apalagi, saat ini behel tak hanya digunakan kaum hawa, laki-laki pun tak sedikit yang memanfaatkan salah satu cara untuk merapikan gigi tersebut.

Pasalnya, selain untuk mengubah penampilan dan sebagai aksesori, ternyata penggunaan behel juga bisa untuk kesehatan.  Yakni, bagi mereka yang mengalami gangguan pertumbuhan atau bentuk gigi tidak wajar. Behel biasanya digunakan untuk pengobatan alias memanipulasi gigi. 

Kendati bermanfaat untuk pembentukan gigi, penggunaan dan perawatan behel yang salah ternyata bisa berakibat pada kesehatan mulut. Seperti kerusakan gigi, gusi bahkan tulang rahang. Kondisi tersebut, membuat Spesialis Orthodenti Dokter Brotodianto angkat bicara.

“Behel sebenarnya digunakan jika penderita mengalami kelainan kedudukan gigi geligi. Maksudnya gigi ada yang maju, seperti tonggos, gigi tumbuh secara tidak teratur seperti maju atau mundur atas atau bawahnya kelainan rahang, terlalu maju atau mundur yang lebih dikenal cameh. Hal itu bisa ditangani dengan alat ortho, kelainan itu tadi diubah atau dibuat dengan kedudukan yang lebih baik,” jelas Brotodianto kepada Radar Bogor (grup JPNN).

BOGOR-- Kini, penggunaan kawat gigi alias behel bukan sesuatu yang baru.  Apalagi, saat ini behel tak hanya digunakan kaum hawa, laki-laki pun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News