Bela Negara Cara Terkini MPR Sosialisasikan Empat Pilar

Bela Negara Cara Terkini MPR Sosialisasikan Empat Pilar
Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang (OSO) membuka kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dengan Metode Pendidikan Kebangsaan/Bela Negara di Hotel Aryaduta Lipo Karawaci, Tangerang, Banten, Jumat (19/2). FOTO: Humas MPR

jpnn.com - JAKARTA – Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dengan Metode Pendidikan Kebangsaan / Bela Negara merupakan pengembangan metode sosialisasi teranyar. Sebelumnya, MPR telah memiliki berbagai metode yang telah dipraktekkan antara lain Training of Trainer, out bond, hingga jambore.

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dengan Metode Bela Negara ini menurut Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono, sengaja dilaksanakan untuk menyasar mahasiswa, khususnya anggota Menwa. Karena Resimen Mahasiswa dianggap sebagai Kelompokyang  berbeda dibanding kelompo-kelompok lain yang sudah disasar sebelumnya.

“Metode Bela Negara ini merupakan gabungan antara program TOT dengan Out bound. Diharapkan metode ini akan menarik, terutama bagi kelompok yang sengaja hendak disasar," kata Ma'ruf, di sela-sela acara sosialisasi di Tangerang, Banten, Jumat (19/2).

MPR, menurut Ma'ruf akan terus melancarkan program sosialisasi agar bisa menyasar seluruh komponen masyarakat. Tujuannya supaya empat pilar benar-benar  terinteraksi dengan masyarakat, khususnya generasi muda.

“Masih banyak komponen yang belum tersentuh dengan empat pilar. Mereka ini juga butuh internalisasi empat pilar. Karena itu MPR takkan berhenti mencari dan membuat program yang  inovatif dan interaktif, agar seluruh komponen masyarakat dapat menginternalisasi empat pilar dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Ma'ruf mencontohkan, kelompok-kelompok yang juga harus disasar program sosialisasi, itu antara lain, petani, nelayan pedagang hingga para buruh. Kepada mereka ini, juga harus dicarikan program yang sesuai, bisa dimengerti dan diinternalisasikan.(fat/jpnn)


JAKARTA – Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dengan Metode Pendidikan Kebangsaan / Bela Negara merupakan pengembangan metode sosialisasi teranyar.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News