Beli 234 Unit Airbus, Lion Air Bukukan Dua Rekor Dunia

Beli 234 Unit Airbus, Lion Air Bukukan Dua Rekor Dunia
Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana (kiri) dan CEO Airbus, Fabrice Bregier (kanan) sebelum menandatangani kontrak pembelian 234 unit Airbus yang juga disaksikan Presiden Prancis, Gerard Hollande di Istana Kepresidenan Prancis di Paris, Senin (18/3). Foto; REUTERS
PARIS - Maskapai swasta terbesar di Indonesia, Lion Air, kembali memecahkan rekor dunia dalam kontrak pembelian pesawat. Kali ini, Lion meneken kontrak pembelian 234 unit Airbus yang terdiri dari 109 jenis A320neo, 65 unit A321neo dan 60 unit S320ceo senilai USD 24 miliar.

Kontrak pembelian Airbus diteken Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana dan CEO Airbus, Fabrice Bregier di Palais de l'Elysee, Istana Presiden Perancis di Paris, Senin (18/3) siang waktu setempat. Penandatanganan kontrak pembelian Airbus itu juga disaksikan Presiden Prancis Francois Gerard Georges Nicolas Hollande dan Dubes Indonesia untuk Perancis, Monaco dan Andorra, Rezlan Ishar Jenie. Hadir pula dalam kesempatan itu para menteri dan pejabat tinggi Perancis, para eksekutif Airbus, serta sekitar 1.500 undangan.

Seperti dilaporkan wartawan JPNN, Suhendro Boroma dari Paris, ini adalah kali pertama penandatangan pembelian pesawat oleh perusahaan swasta dilakukan di Istana Presiden Prancis. Sebelumnya, hanya penandatanganan pembelian pesawat (militer atau sipil) oleh pemerintah yang dilakukan di Istana Elysee.

Sebelum penandatanganan kontrak itu, Lion Air dan Airbus sudah melalui pembicaraan awal. Finalisasi kesepakatan pembelian dilakukan di Manado, Senin (11/3) pekan lalu, ketika Executive Vice President Airbus Asia, Jean Francois Laval dan Sales Contract Director Airbus Guillaume Mille, melakukan pertemuan khusus dengan Rusdi Kirana di Hotel Quality Manado.

PARIS - Maskapai swasta terbesar di Indonesia, Lion Air, kembali memecahkan rekor dunia dalam kontrak pembelian pesawat. Kali ini, Lion meneken kontrak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News