Belum Bisa Lupakan Kegagalan Penalti

Belum Bisa Lupakan Kegagalan Penalti
Foto: Dok.JPPhoto
INDONESIA memang gagal meraih gelar juara Piala AFF 2010. Kegagalan itu sedikit terobati dengan terpilihnya sang kapten Firman Utina sebagai pemain terbaik dalam even sepak bola bangsa-bangsa Asia Tenggara tersebut.

Indonesia dahaga gelar di ajang Piala AFF. Sejak kali pertama diselenggarakan pada 1996, Pasukan Garuda "julukan timnas Indonesia" belum pernah menjadi juara. Prestasi terbaik "hanya" lolos ke final pada 2000,2002, 2004, dan 2010. Pada 2000 dan 2002, Indonesia ditaklukkan Thailand. Pada 2004, Pasukan Merah Putih "julukan lain timnas Indonesia" harus mengakui ketangguhan Singapura.

Nah, pada 2010, kans meraih juara kembali terbuka. Pada laga final yang memakai sistem home and away tersebut, tim yang dilatih Alfred Riedl itu berjumpa dengan Malaysia. Negeri jiran tersebut pernah dipermalukan Indonesia pada babak penyisihan grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 1 Desember.

Tapi, pada leg pertama final di Bukit Jalil, Malaysia (26/12), gawang Markus, kiper Indonesia, jebol tiga kali. Untuk bisa menjadi juara, Indonesia harus menang dengan selisih empat gol pada leg kedua final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (29/12).

INDONESIA memang gagal meraih gelar juara Piala AFF 2010. Kegagalan itu sedikit terobati dengan terpilihnya sang kapten Firman Utina sebagai pemain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News