Benarkah Cuaca Bisa Menyebabkan Migrain?

Benarkah Cuaca Bisa Menyebabkan Migrain?
Sakit kepala. Foto: NDTV.com

jpnn.com - Beberapa hal dalam hidup berada di bawah kendali Anda, seperti apa yang Anda kenakan saat Anda tahu akan hujan sepanjang hari. Jadi, jika Anda mengalami migrain yang tampaknya terkait dengan cuaca, Anda akan merasa seperti benar-benar kacau di departemen kesehatan.

Sejumlah kondisi cuaca bisa memicu migrain pada orang yang rentan, termasuk sinar matahari yang terang, panas atau dingin yang ekstrim, sinar matahari, kelembaban tinggi, udara kering, angin kencang, bada dan perubahan tekanan atmosfer, menurut Mayo Clinic.

"Cuaca adalah pemicu migrain yang sangat umum untuk pasien saya," kata seorang ahli saraf di The Ohio State University Wexner Medical Center, Kevin Weber, M.D., seperti dilansir laman MSN, Rabu (10/9).

Amit Sachdev, M.D., asisten profesor dan direktur kedokteran neuromuskular di Michigan State University, mengatakan bahwa dia melihat pasien migrain dengan pemicu cuaca setidaknya beberapa kali per minggu. Kondisi kesehatan ini biasanya menyebabkan rasa sakit berdenyut yang hebat atau sensasi berdenyut, seringkali hanya pada satu sisi kepala.

Rasa sakit itu juga bisa datang dengan perasaan mual, muntah, kepekaan ekstrim terhadap cahaya dan suara dan aura (gangguan sensorik). Bahkan ada beberapa migrain yang tidak menyebabkan rasa sakit dan hanya mengganggu penglihatan Anda atau membuat Anda pusing.

Para peneliti tidak benar-benar tahu apa yang ada di balik migrain, tetapi bisa jadi perubahan pada batang otak Anda dan interaksinya dengan saraf trigeminal, jalur nyeri utama dalam tubuh Anda. Ketidakseimbangan dalam bahan kimia otak Anda, termasuk serotonin, yang membantu mengatur rasa sakit, mungkin juga memainkan peran.

Para ilmuwan tahu bahwa kadar serotonin Anda turun ketika Anda memiliki migrain, yang dapat menyebabkan saraf trigeminal Anda melepaskan molekul yang disebut neuropeptida yang bergerak ke lapisan luar otak Anda dan menyebabkan rasa sakit, kata Mayo Clinic. Sementara penyebab spesifik migrain masih diperdebatkan, jelas bahwa banyak hal yang berbeda dapat memicu mereka, termasuk stres, fluktuasi hormon, alkohol dan kafein dan, anehnya, cuaca.

Ada kemungkinan bahwa cuaca bisa menyebabkan gejala migrain dengan memengaruhi hal-hal seperti bahan kimia otak dan pembuluh darah Anda. Para peneliti belum menemukan kesimpulan pada apa yang sebenarnya terjadi ketika datang ke migrain dan cuaca.

Sejumlah kondisi cuaca bisa memicu migrain pada orang yang rentan, termasuk sinar matahari yang terang, panas atau dingin yang ekstrim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News