Benarkah Minum Kopi Sebelum Tidur tidak Memengaruhi Kualitas Tidur?

Benarkah Minum Kopi Sebelum Tidur tidak Memengaruhi Kualitas Tidur?
Kopi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Minum kopi atau teh sebelum tidur tidak memengaruhi kualitas tidur. Peneliti AS dari Florida Atlantic University dan Harvard Medical School memantau 785 orang dengan total 5.164 setiap hari dan mencatat berapa banyak kafein, alkohol, dan nikotin yang mereka konsumsi.

Tim peneliti kemudian membandingkan konsumsi mereka dengan hasil dari buku harian tidur dan sensor pergelangan tangan yang mencatat durasi tidur peserta, efisiensi tidur dan seberapa cepat mereka bangun setelah tertidur.

Studi ini menemukan bahwa sementara nikotin dan alkohol memang mengganggu tidur, namun merokok pra-tidur mengambil 42 menit total durasi tidur untuk penderita insomnia (orang yang secara teratur tidak bisa tidur) dan kafein tampaknya tidak berpengaruh.

Menulis dalam jurnal Sleep, Dr. Christine Spadola, dari Florida Atlantic University, mengatakan bahwa hingga saat ini masih relatif sedikit penelitian yang menyelidiki secara menyeluruh hubungan antara penggunaan narkoba malam dan parameter tidur.

"Penelitian ini merupakan salah satu pemeriksaan longitudinal terbesar dari asosiasi penggunaan alkohol, kafein, dan nikotin malam hari dengan hasil tidur yang diukur secara objektif," kata Dr. Spadola, seperti dilansir laman Independent, Kamis (26/9).

"Kami tidak mengamati hubungan antara konsumsi kafein dalam waktu empat jam tidur dengan parameter tidur apa pun," jelas Dr. Spadola.

Para ilmuwan menambahkan bahwa temuan itu "mengejutkan" bagi tim peneliti tetapi itu sejalan dengan bukti sebelumnya tentang efek kafein pada tidur. Nikotin adalah zat yang paling kuat terkait dengan gangguan tidur di antara peserta dengan insomnia.

Rata-rata, data menunjukkan bahwa penggunaan nikotin setiap malam dikaitkan dengan pengurangan rata-rata durasi tidur 42,47 menit.

Jika Anda telah minum dua cangkir kopi hitam setiap malam selama 40 tahun terakhir dan Anda baru saja mengalami masalah tidur, maka hampir pasti hal itu bukan karena kopi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News