Benarkah Minyak Ikan Bisa Bikin Anak Pintar?

Benarkah Minyak Ikan Bisa Bikin Anak Pintar?
Ilustrasi anak belajar. Foto: Pixabay

jpnn.com - Ingatkah Anda ketika dicekoki minyak ikan oleh orang tua sewaktu kecil dulu? Hal tersebut dilakukan oleh ayah atau ibu Anda, karena minyak ikan dinilai bisa memberikan beragam manfaat sehat, salah satunya membuat otak anak semakin pintar.

Minyak ikan diketahui kaya akan asam lemak esensial omega-3. Asupan ini mendapat julukan asam lemak esensial karena tubuh manusia tidak bisa membentuknya sendiri, melainkan harus mendapatkannya melalui makanan ataupun suplemen.

Faktanya, omega-3 termasuk ke dalam golongan lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh. Omega-3 terdiri dari beberapa jenis, yakni EPA dan DHA. Dua jenis omega-3 tersebut adalah komponen penting pembentuk membran sel dan memiliki kapasitas antiinflamasi.

Selain itu, EPA dan DHA juga diketahui baik untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Bermanfaat untuk otak?

Dua tahun pertama kehidupan adalah periode emas untuk tumbuh kembang otak anak. Banyak penelitian yang menemukan bahwa omega-3 EPA dan DHA memiliki peran penting dalam proses tersebut. Hal itu karena omega-3 EPA dan DHA dapat membantu proses pembentukan myelin, yaitu selubung saraf yang membantu transmisi listrik oleh saraf menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien.

Studi menemukan bahwa DHA dan EPA juga penting untuk maturasi sel-sel saraf otak. Tak cuma itu, komponen tersebut juga dapat bermanfaat untuk melindungi jaringan saraf dari stres oksidatif.

Sebuah studi pada manusia menemukan bahwa kadar EPA dan DHA yang cukup membantu anak memiliki IQ yang normal, dan meningkatkan kemampuan belajar visuospasial serta memori.

Selain menyehatkan jantung, minyak ikan jugabisa membuat otak anak semakin pintar. Benar kah demikian?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News