JPNN.com

Berapa Calon Independen yang Menang di Pilkada 2015? Klik

Jumat, 18 Maret 2016 – 19:21 WIB Berapa Calon Independen yang Menang di Pilkada 2015? Klik - JPNN.com

JAKARTA - Hasil pilkada serentak 2015 memerlihatkan kepala daerah terpilih dari jalur perseorangan jumlahnya masih sangat kecil.

Dari total pelaksanaan di 268 daerah, hanya lima pasangan yang terpilih dari jalur perseorangan menduduki jabatan wali kota/wakil wali kota. Sementara untuk kabupaten hanya berkisar delapan pasangan.

"Keterpilihan itu berdasarkan data orang yang maju sebagai kandidat perseorangan untuk pemilihan wali kota 25 persen. Sementara di kabupaten hanya 19 persen," ujar Pengamat Politik dari Centre for Strategic of International Studies (CSIS) Arya Fernandes, Jumat (18/3).

Meski jumlahnya masih terbilang kecil, namun menurut Arya, bukan tidak mungkin pasangan yang maju dari jalur independen akan terus meningkat. Bahkan menjadi tren. 

"Tren ke depan kalau partai politik tidak membenahi proses penjaringan, kandidat yang maju dari jalur perseorangan akan terus meningkat," ujarnya.

Tren tersebut kata Arya, terutama untuk pemilihan wali kota. Sebab calon perseorangan persentasenya banyak di perkotaan. 

"Orang-orang perkotaan rasional, kritis dan mudah mendapatkan informasi. Jadi saya pikir orang-orang populer atau kandidat petahana yang susah mendapatkan askes, akan maju lewat jalur perseorangan," ujar Arya.(gir/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...