Beras-Telur Naik, Minyak-Gula Turun

Beras-Telur Naik, Minyak-Gula Turun
Beras-Telur Naik, Minyak-Gula Turun
JAKARTA - Pemerintah menjamin pasokan bahan pangan khususnya daging ayam dan telur aman untuk kebutuhan menjelang puasa dan Lebaran. Selain menjamin stok, pemerintah juga memastikan jalur distribusi antar wilayah tidak akan mengalami gangguan. Karena sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda), produsen, distributor sampai pedagang.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, hingga minggu kedua bulan Juli, kenaikan harga terjadi pada beras dan telur. Sementara minyak dan gula justru turun. Dia mengakui, menjelang puasa dan lebaran, harga-harga cenderung akan naik. "Harga akan naik pada saat puasa dan Lebaran. Itu sudah pola dari tahun ke tahun," ujarnya saat kunjungan ke Rumah Potong Ayam (RPA) di PT Ciomas Adisatwa Bogor kemarin (18/8).

Berdasar pantauan harga Kementerian Perdagangan, harga rata-rata daging ayam broiler pada Juli mengalami kenaikan sebesar 4,77 persen dibandingkan rata-rata Juni. Tercatat, harga rata-rata bulan lalu sebesar Rp 24.850 per kg dan bulan ini naik menjadi Rp 26.036 per kg. Sedangkan untuk telur ayam ras meningkat tajam sebesar 9,20 persen dengan harga rata-rata bulan Juni Rp 16.469 per kg dan bulan Juli naik hingga Rp 17.984 per kg.

Mari mengatakan, kenaikan harga disebabkan karena persoalan dalam hal pendistribusian, pihaknya akan memastikan di mana terjadinya kesalahan. Bahkan bila perlu akan melakukan rapat koordinasi. Sedangkan terkait penyediaan produksi di luar Jawa dinilai tidak akan ada masalah. Karena, produksi sudah banyak di luar pulau Jawa. Dengan demikian untuk memenuhi kebutuhan di luar Jawa tidak perlu tergantung pada suplai dari produksi di Jawa. 'Untuk stok ayam telur sudah disiapkan jauh hari karena ini siklus musiman, sehingga sudah diketahui pola permintaan ketika Lebaran,' kata Mari.

JAKARTA - Pemerintah menjamin pasokan bahan pangan khususnya daging ayam dan telur aman untuk kebutuhan menjelang puasa dan Lebaran. Selain menjamin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News