Berau Getol Lestarikan Penyu Agar Pariwisata Semakin Maju

Berau Getol Lestarikan Penyu Agar Pariwisata Semakin Maju
Wabup Agus Tantomo dan Kepala Disbudpar Berau Mappasikra Mappaseleng saat melepas tukik di Pulau Sangalaki tahun lalu. Foto: Berau Post/JPNN

jpnn.com, BERAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, Kalimantan Timur, tidak hanya berkutat pada promosi destinasi pariwisata.

Pemkab juga tidak melulu memperbaiki infrastruktur penunjang di objek wisata.

Saat ini, Pemkab Berau tengah getol menjaga kelestarian penyu. Salah satu caranya dengan mengedukasi masyarakat tentang bahaya pencurian telur penyu.

Selama ini, Berau memang dikenal sebagai surga penyu. Namun, angka pencurian telur penyu masih cukup tinggi. Jika dibiarkan, hal itu bisa mengancam kelestarian penyu.

Padahal, penyu menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang menikmati dunia bawah air Berau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau Mappasikra Mappaseleng pun tidak menampik pesona penyu sebagai magnet bagi wisatawan untuk datang ke kabupaten berjuluk Bumi Batiwakkal itu.

Dia mengatakan, pengawasan terhadap pencurian telur penyu merupakan salah satu langkah yang harus segera dicari solusinya oleh instansi berwenang.

“Dari kami lebih kepada memberikan edukasi atau memberikan pemahaman terhadap pengunjung bahwa telur maupun penyu ini merupakan hewan yang dilindungi,” tutur Mappasikra belum lama ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, Kalimantan Timur, tidak hanya berkutat pada promosi destinasi pariwisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News