Berawal dari Bibit Gratis Jadi Bisnis Miliaran Rupiah

Berawal dari Bibit Gratis Jadi Bisnis Miliaran Rupiah
Syafarudin Daeng Tali ketua KTH Taepa Daeng bersama Samsi selaku Manajer Persemaian Permanen Gowa Foto: Elfany Kurniawan

jpnn.com, TAKALAR - Kelompok Tani Hutan (KTH) Taepa Daeng yang ada di Desa Barugaya, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat beruntung bisa mendapatkan bantuan bibit gratis dari BPTH Wilayah II. Karena dengan bantuan itu, kini bibit telah menjadi tegakan hutan rakyat yang bernilai ekonomis.

Syafarudin Daeng Tali ketua KTH Taepa Daeng mengatakan, dengan adanya tegakan itu, pihaknya mengajukan permohonan kredit tunda tebang di Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (P2H), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Pengajuan ini disetujui dan kami mendapatkan bantuan dana Rp 1,5 miliar untuk tahap pertama,” ujar Syafarudin kepada wartawan, Jumat (27/9).

Syafarudin menuturkan, dana Rp 1,5 miliar itu dibayar untuk 5.000 batang pohon yang sudah dipilih. Rata-rata pohon tersebut memiliki diameter 30 centimeter.

Adapun pengembalian kredit itu dilakukan setelah pohon dipanen dan dijual. Dalam program ini, pemerintah mengambil bunga sangat sedikit, karena pada dasarnya, program ini untuk menyejahterakan masyarakat.

Selain program kredit tunda tebang, KTH ini juga memanfaatkan program bagi hasil yang juga ada di BLU P2H KLHK untuk lahan seluas 26 hektare. Untuk program ini, KTH mendapat bantuan dana sebesar Rp 900 juta.

Dalam pelaksanaannya, BPTH Wilayah II Sulsel berperan menyalurkan bibit yang ditanam di lahan seluas 26 hektare tersebut. Total bibit yang disalurkan untuk lahan tersebut ada 17.000 bibit dengan berbagai jenis. “Hasil dari penjualan ini 65 persen untuk petani dan 35 persen untuk pemerintah,” sambung Syafarudin.

Dia menambahkan, dengan adanya program tersebut, petani jadi sangat terbantu untuk perekonomiannya. Selain itu, lahan yang dulunya tak terpakai, kini bisa bermanfaat dan berguna.

Kelompok Tani Hutan (KTH) Taepa Daeng yang ada di Desa Barugaya, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat beruntung bisa mendapatkan bantuan bibit gratis dari BPTH Wilayah II

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News