Berbicara di Pelantikan PA GMNI, Jokowi Tegaskan Pemindahan IKN Bukan untuk Gagah-gagahan

Berbicara di Pelantikan PA GMNI, Jokowi Tegaskan Pemindahan IKN Bukan untuk Gagah-gagahan
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo pada Pelantikan dan Pengukuhan DPP PA GMNI Periode 2021-2026 yang dipantau secara virtual dari akun Youtube Marhaen TV, Sabtu (26/3/2022) (ANTARA/MENTARI DWI GAYATI)

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur bukan untuk gagah-gagahan. 

“Pemindahan ibu kota negara bukan proyek mercusuar, bukan untuk gagah-gagahan," kata Jokowi dalam sambutannya pada Pelantikan dan Pengukuhan DPP Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Periode 2021-2026 yang dipantau secara virtual, Sabtu (26/3). 

Menurutnya, pemindahan IKN merupakan sebuah cita-cita besar untuk mewujudkan Indonesia sentris.  "Kita ingin Indonesia bukan Jawa sentris, tetapi Indonesia sentris,” ujar Jokowi. 

Dia menegaskan pemerintah memulai pembangunan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, pada 20 Maret 2022.

Menurutnya, cita-cita untuk memindahkan IKN telah digagas oleh Presiden Kesatu Republik Indonesia Soekarno, yang hendak memindahkan ibu kota ke Palangka Raya sejak 1957.

Menurut Jokowi, proyek pemindahan IKN ke Kalimantan Timur merupakan perjuangan untuk mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat.

"Pulau Kalimantan adalah mutiara Indonesia berada di zamrud khatulistiwa. Transformasi besar yang kita lakukan bukan semata-mata pindah Ibu Kota Negara, kita harus menjadi ekonomi kuat dan mandiri," katanya. 

Dalam sambutannya, Jokowi meminta seluruh anggota  DPP PA GMNI menekankan bahwa tanggung jawab untuk memajukan kemerdekaan dan menyejahterakan seluruh masyarakat Indonesia mencakup wilayah dari Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Pulau Rote.

Jokowi di hadapan kader GMNI menegaskan bahwa pemindahan IKN dari Jakarta ke Kaltim bukan untuk gagah-gagahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News