Bereskan Masalah Tangkuban Perahu

Bereskan Masalah Tangkuban Perahu
Bereskan Masalah Tangkuban Perahu
MENTERI Kehutanan Zulkifli Hasan berjanji memutuskan secepatnya terkait desakan supaya mencabut izin pengelolaan taman wisata alam Tangkuban Parahu yang telah diberikan kepada PT Graha Rani Putra Persada (GRPP).

Penegasan itu disampaikan Zulkifli Hasan tatkala mengunjungi Taman Wisata Tangkuban Parahu di Bandung Jawa Barat, Kamis (12/8) “Saya harap sebelum akhir tahun ini sudah bisa diputuskan. Dan semua kemungkinan terbuka apakah nanti dicabut dan diserahkan pengeloaanya pada pihak lain, bisa juga opsi lain,” kata Zulkifli Hasan mantan Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) itu. Menurut Zulkifli, sebelum mengambil keputusan, pihaknya terlebih dahulu akan memanggil pihak-pihak terkait seperti Gubernur Jawa Barat, Bupati, Ketua DPRD, tokoh masyarakat dan pengelola dalam hal ini PT GRPP.

 

“Keputusan menteri harus dibicarakan. Jadi saya kemari bersama Gubernur Jawa Barat, Ketua DPRD, Bupati, dan tokoh masyarakat melihat langsung lapangan, juga presentasi PT GRPP yang selama ini mengelola dan bagaimana perkembangannya. Jadi, kita cari jalan keluar terbaik, jangan sampai gaduh, karena kalau gaduh tentulah berakibat tidak bagus untuk Tangkuban Parahu,” jelasnya.

Dia mengakui bahwa PT GRPP selama ini meminta untuk bertemu dan membicarakan kelanjutan proses ini. Kendati demikian, politisi PAN itu menolak karena harus mendapat gambaran lengkap dari berbagai pihak. Disamping itu, dia juga telah berulangkali didesak masyarakat sekitar kawasan hutan konservasi dan hutan lindung tersebut agar izin pengelolaan milik PT GRPP itu di cabut. Masyarakat menyatakan izin itu telah membuat kawasan hutan lindung dan konservasi di daerah itu terancam kelestariannya.

MENTERI Kehutanan Zulkifli Hasan berjanji memutuskan secepatnya terkait desakan supaya mencabut izin pengelolaan taman wisata alam Tangkuban Parahu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News