Berhadapan dengan Petinggi Taliban, Menlu Retno Bilang Begini soal Hak Perempuan

Berhadapan dengan Petinggi Taliban, Menlu Retno Bilang Begini soal Hak Perempuan
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Foto: HO-Kemlu RI

jpnn.com, DOHA - Menlu Retno Marsudi menyampaikan sikap pemerintah Indonesia soal hak perempuan Afghanistan mendapat pendidikan di hadapan perwakilan Taliban Amir Khan Muttaqi dan Asisten Menteri Luar Negeri Qatar Lolwah binti Rashid Al Khater.

Pertemuan itu merupakan bagian dari kegiatan Menlu RI di Doha, Qatar, Senin (28/3).

“Dalam pertemuan tersebut, saya sampaikan concern Indonesia atas kebijakan penutupan akses terhadap sekolah tingkat atas bagi perempuan di Afghanistan. Saya menegaskan bahwa pendidikan perempuan sangat penting bagi masa depan Afghanistan,” ujar Menlu.

Dia juga menyampaikan bahwa Indonesia dan Qatar telah menandatangani Letter of Intent terkait kesediaan kedua negara untuk menyediakan beasiswa dan pembangunan kapasitas bagi semua, dengan perhatian besar yang diberikan terhadap perempuan.

Menurut Retno, pihak Taliban pun menyambut baik tawaran bantuan yang diberikan oleh Indonesia dan Qatar untuk pendidikan dan pembangunan kapasitas di Afghanistan.

“Detail implementasi akan ditindaklanjuti pada kesempatan pertama,” jelasnya.

Selain terkait pendidikan, isu yang dibahas juga mencakup soal situasi kemanusiaan, di mana Indonesia juga menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk menciptakan stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di Afghanistan.

Adapun Letter of Intent yang ditandatangani oleh Indonesia dan Qatar pada Minggu (27/3/2022) adalah tentang pemberian bantuan kemanusiaan dan pembangunan bagi rakyat Afghanistan.

Menlu RI Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan petinggi Taliban Amir Khan Muttaqi di Doha, Qatar

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News