Berharap Pidato SBY Respon Masalah Rakyat

Berharap Pidato SBY Respon Masalah Rakyat
Berharap Pidato SBY Respon Masalah Rakyat

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie berharap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merespon berbagai permasalahan rakyat yang menjadi sorotan publik. Terutama masalah ekonomi yang terkait langsung dengan keseharian warga negara.

”Secara kelembagaan, DPR tentunya berharap pidato kenegaraan Presiden RI yang akan disampaikan besok merespon berbagai masalah ekonomi rakyat seperti sembilan bahan pokok," kata Marzuki Alie, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (15/8).

Pentingnya Presiden RI merespon masalah sembako menurut Marzuki Alie karena ada sejumlah kebutuhan rakyat yang dulunya diprediksi akan turun harganya setelah lebaran ternyata itu tidak jadi kenyataan.

"Harga daging misalnya, disejumlah daerah termasuk DKI Jakarta masih bertahan di angka 120 ribu rupiah per kilonya. Bahkan harga bawang di wilayah tengah Indonesia setelah lebaran mengalahkan harga daging yakni 140 ribu per kilo," ungkapnya.

Dikatakannya, harga dibentuk berdasarkan mekanisme pasar. "Tapi dalam prakteknya, mekanisme pasar ini terkontaminasi oleh intervensi kepentingan pengusaha. Sesuai dengan amanat konstitusi, pemerintah wajib melindungi rakyatnya dari permainan pengusaha,” ujar.

Menurut Marzuki, tidak sulit melindungi rakyat dari permainan pengusaha. ”Pemerintah kan tinggal panggil pemilik importir. Audit harga impor dan bandingkan dengan harga jual. Kalau keuntungannya tidak masuk akal, selesaikan menurut peraturan yang berlaku. Tidak sulitkan?," ujar dia.

Demikian juga halnya terhadap isu yang merebak saat ini yang menuding daging impor Bulog dari India berkualitas buruk. "Malaysia dan sejumlah negara Asia lainnya juga mengimpor daging dari India karena kualitasnya telah teruji. Bisa jadi isu daging tersebut tidak berkualitas secara sengaja diendus oleh impotir daging,” ungkapnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie berharap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merespon berbagai permasalahan rakyat yang menjadi sorotan publik.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News