Berharap tak Ada Peristiwa di Luar Prediksi

Berharap tak Ada Peristiwa di Luar Prediksi
Husni Kamil Manik. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - PILKADA serentak digelar di 269 daerah, 9 Desember 2015. Bagaimana kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan pesta demokrasi di tingkat lokal ini? Berikut wawancara Jawa Pos dengan Ketua KPU Husni Kamil Manik.

Bagaimana Kesiapan SDM penyelenggara pilkada?

Kami melakukan rekrutmen terhadap anggota baru di satu provinsi dan 14 kabupaten Daerah Otonomi Baru (DOB). Untuk badan ad hoc sudah tuntas, dan karena ada aturan baru maksimal dua kali masa bakti, maka banyak yang baru.

Prosentasenya berapa besar yang baru?

Sekitar 60 persen. Namun, itu banyak yang hasil upgrade. Misalnya KPPS jadi PPS, PPS jadi PPK. Jadi sebetulnya mereka juga tidak asing dengan penyelenggaraan pemilihan. Selain regenerasi, aturan ini juga memperbanyak orang yang memahami penyelenggaraan pemilihan.

Bagaimana proses pengadaan logistik?

Secara umum lancar. Masalah hanya ada di beberapa daerah, misalnya berkaitan dengan pencalonan. Seharusnya sengketa selesai 15 November sesuai akhir putusan MA. Namun ternyata setelah tanggal itu masih ada dinamika. Sehingga logistik sempat ada yang terlambat.

Contoh dinamikanya di mana saja?

PILKADA serentak digelar di 269 daerah, 9 Desember 2015. Bagaimana kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan pesta demokrasi di tingkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News