Sabtu, 23 Maret 2019 – 09:22 WIB

Berhubungan Intim Sebelum Tidur Bisa Tingkatkan Mood?

Sabtu, 16 Maret 2019 – 21:23 WIB
Berhubungan Intim Sebelum Tidur Bisa Tingkatkan Mood? - JPNN.COM

jpnn.com - Jika Anda sulit tidur nyenyak, coba ingat lagi bagaimana hubungan Anda dengan si dia di ranjang. Sebab, sebuah penelitian menunjukkan bahwa berhubungan intim dengan pasangan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Penelitian itu menunjukkan bahwa berhubungan intim sebelum tidur bisa membantu Anda tidur lebih baik karena sejumlah alasan. Selain itu, menurunnya kualitas tidur bisa menyebabkan penurunan mood dan libido.

Baca juga: Cobalah Cara ini untuk Atasi Kesulitan Tidur

Para ahli mengatakan sementara tidak ada bukti klinis yang cukup kuat untuk menunjukkan bahwa seks membuat Anda mengantuk, mekanisme dasar yang mendasari bahan kimia yang dilepaskan saat berhubungan seks bisa membantu seseorang tidur lebih baik. Antara lain, ada banyak hubungannya dengan hormon oksitosin, dijuluki "hormon cinta."

"Pelepasan oksitosin telah dinyatakan terjadi bersamaan dengan perasaan kasih sayang serta sentuhan kasih sayang atau sensual, yang mengarah ke perasaan senang, kesejahteraan dan membantu mengatasi stres," kata Dr. Amer Khan, ahli saraf Sutter Health, spesialis tidur, dan pendiri Sehatu Sleep di California Utara, seperti dilansir laman Healthline.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini 7 Manfaat Cukup Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

"Hormon lain, seperti dopamin, prolaktin, dan progesteron, terlibat dalam memengaruhi pikiran dengan rasa lega, relaksasi, dan kantuk setelah melakukan hubungan seks yang memuaskan," jelas Kahn.

Sebuah tinjauan tahun 2016 terhadap penelitian yang dilakukan di Universitas Ottawa menunjukkan bahwa melakukan hubungan seksual sebelum tidur bisa mengurangi stres dan mungkin membantu penderita insomnia memulai dan mempertahankan tidur mereka dan menjadikannya alternatif untuk mengatasi insomnia mereka tersebut.(fny/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar