Berita Duka: Profesor Mestika Zed Meninggal Dunia, Kami Ikut Berbelasungkawa

Berita Duka: Profesor Mestika Zed Meninggal Dunia, Kami Ikut Berbelasungkawa
Profesor Mestika Zed meninggal dunia. Foto: Antaranews.com

jpnn.com, PADANG - Profesor Dr Mestika Zed, MA meninggal dunia di RSUP M. Djamil Padang, Minggu (1/9), pukul 08.00 WIB.

Mestika Zed merupakan sejarawan Indonesia yang juga guru besar sejarah Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat.

"Kami keluarga besar UNP kehilangan guru besar terbaik dan menyampaikan duka mendalam. Almarhum adalah sosok yang sangat berintegritas dan peduli dengan sejarah Indonesia dan Sumatera Barat," kata Rektor UNP Ganefri di Padang, Minggu.

Ia menyebutkan almarhum tidak ada riwayat sakit atau sedang dalam perawatan. Namun, Minggu pagi hanya mengeluhkan sesak nafas, kemudian keluarga membawa ke RSUP M. Djamil Padang.

Bagi Ganefri, sosok seorang Mestika Zed adalah ilmuwan sejati, almarhum selalu menampilkan pemikiran-pemikiran original dari pengetahuannya. Banyak buku sudah dihasilkan oleh Mestika Zed.

BACA JUGA: Pernyataan Keras Masinton Pasaribu Ditujukan ke Wadah Pegawai KPK

"Beliau orang yang sangat peduli dengan perkembangan UNP, sosok yang sangat pekerja keras dan betul-betul seorang 'scientis' dalam ilmu sosial," katanya.

Ia menambahkan setelah disemayamkan di Kampus UNP, jenazah akan disalati di Masjid Al Azhar UNP, kemudian akan diantar ke kampung halamannya di Kenagarian Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Berita duka: Sejarawan Indonesia yang juga guru besar sejarah UNP, Sumbar, Profesor Mestika Zed meninggal dunia, Minggu pagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News