Bersama Elemen Batak, Sukur Satukan Sumut Lewat Lagu

Bersama Elemen Batak, Sukur Satukan Sumut Lewat Lagu
Ketua Badan Penyelenggara Pendidikan Huria Kristen Batak Protestan (BPP HKBP), Sukur H Nababan (kanan) bersama politikus senior PDIP Sabam Sirait pada ‘Grand Final Lomba Lagu Cipta Batak Nasional’ di Jakarta. Foto: HKBP

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 10 lagu Batak menghebohkan ratusan tamu dan elemen Batak di acara ‘Grand Final Lomba Lagu Cipta Batak Nasional’ di Ballroom Hotel The Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, pada Jumat (17/11) malam.

Dalam acara tersebut, turut hadir jajaran pemimpin HKBP, tokoh Batak, tokoh gereja, akademisi Batak, Putra Nababan, Anggota DPR RI Maruarar Sirait, Effendi Simbolon, politikus senior PDIP Sabam Sirait, Ketua DPR Riau, Kordias Pasaribu. Hadir pula kalangan perwira tinggi militer dan mantan perwira tinggi TNI/Polri, dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, dan Bupati Humbang Dosmar Banjarnahor.

Melalui ajang ini, Ketua Badan Penyelenggara Pendidikan Huria Kristen Batak Protestan (BPP HKBP), Sukur H Nababan berharap budaya Batak yang penuh keluhuran, bisa terus terjaga. Lomba lagu Batak ini juga untuk mencari potensi orang-orang Batak yang masih terpendam, sekaligus menemukan pencipta lagu Batak lainnya.

Kepada wartawan, Sukur mengatakan kegiatan ini tidak ada kepentingan politik. Semuanya berangkat dari kesadaran bahwa membangun Indonesia tidak bisa dengan sekedar pembangunan ekonomi apalagi liberalisme.

"Saya tidak ada keinginan untuk menjadi gubernur atau apapun. Saya ingin ingatkan bahwa  membangun bangsa ini harus dimulai dengan kegiatan budaya dan seni," kata Sukur yang juga Anggota DPR RI ini.

Motivator muda ini berharap, melalui lomba cipta lagu bernuansa nasehat Batak ini, bisa merubah karakter warga Batak menjadi lebih baik, lebih berkualitas.

Sukur mengatakan, acara lagu batak ini dalam rangka mempringatin tahun pendidikan Huria Kristen Batak Protestan, dan menjadi ajang satu kekuatan masyarakat Sumatera Utara.

Politikus PDI Perjuangan ini menjelaskan, pelaksanaan lomba lagu batak ini sudah berjalan sejak Agustus lalu.

Lomba lagu Batak ini juga untuk mencari potensi orang-orang Batak yang masih terpendam, sekaligus menemukan pencipta lagu Batak lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News